Kompas TV lifestyle travel

Libur Panjang Waisak, KCIC Operasikan 48 Perjalanan Kereta Cepat Whoosh

Kompas.tv - 23 Mei 2024, 16:22 WIB
libur-panjang-waisak-kcic-operasikan-48-perjalanan-kereta-cepat-whoosh
Jasa Marga memperpanjang waktu operasional Akses Km 149 Jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi). Perpanjangan tersebut mempermudah penumpang Kereta Cepat Whoosh tujuan Stasiun Tegalluar, yang akan melanjutkan perjalanan dengan kendaraan pribadi. (Sumber: KCIC)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengoperasikan 48 perjalanan Kereta Cepat Whoosh selama libur panjang Hari Raya Waisak pada 23-26 Mei 2024.

Langkah ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama libur panjang akhir pekan ini.

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, mengatakan bahwa KCIC menyediakan 28.000 tempat duduk per hari untuk melayani masyarakat yang ingin berlibur. 

"KCIC menyediakan sebanyak 28.000 tempat duduk per hari untuk melayani masyarakat yang ingin berlibur di masa long weekend kali ini. Jumlah ini meningkat hingga 20 persen jika dibandingkan dengan kapasitas tempat duduk yang KCIC sediakan pada April lalu," ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip dari Kompas.com, Kamis (23/5/2024).

Lonjakan penumpang mulai terasa sejak Rabu (22/5) dengan jumlah penumpang mencapai 21.144 orang, meningkat sekitar 30 persen dibandingkan hari biasa. 

Jadwal keberangkatan favorit pada hari tersebut adalah antara pukul 11.30 WIB hingga 20.30 WIB, dengan tingkat okupansi mencapai 80-100 persen.

Baca Juga: KAI Siapkan 20 Kereta Tambahan untuk Long Weekend Waisak, Bandung hingga Malang jadi Rute Favorit

Untuk keberangkatan hari ini, tiket dari Stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang dan Tegalluar dengan jadwal keberangkatan pukul 06.00-16.10 WIB, okupansinya sudah di atas 95 persen.

Berdasarkan data yang dihimpun, tiket yang terjual untuk periode 23-26 Mei 2024 sudah mencapai 36.000 tiket. 

Jumlah tersebut diyakini akan terus bertambah mengingat masih ada penjualan tiket yang berlangsung di berbagai channel.

Eva mengingatkan para calon penumpang Whoosh untuk mengatur waktu perjalanan mereka menuju stasiun agar tidak mengalami keterlambatan. 

"Penumpang diharapkan datang setidaknya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan. Boarding gate akan ditutup 5 menit sebelum keberangkatan demi alasan keselamatan penumpang," tuturnya.

KCIC berharap penambahan perjalanan ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin berlibur selama akhir pekan panjang dan mengantisipasi lonjakan penumpang dengan baik. 

Baca Juga: Jadwal KRL Solo-Jogja 23-26 Mei 2024, KAI Tambah Perjalanan Kereta Selama Libur Waisak


 



Sumber : Kompas.com, Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x