Kompas TV lifestyle kesehatan

Catat, Begini Cara Sembuhkan Asam Urat Tanpa Minum Obat

Kompas.tv - 12 Juni 2024, 19:02 WIB
catat-begini-cara-sembuhkan-asam-urat-tanpa-minum-obat
Ilustrasi minum air putih 8 gelas dalam satu hari untuk menghindari asam urat di usia muda. (Sumber: Pexels)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Asam urat tinggi adalah kondisi di mana kadar asam urat dalam darah meningkat dan menyebabkan penumpukan kristal asam urat di persendian, yang mengakibatkan nyeri.

Lantas penumpukan kristal asam urat ini menyebabkan sakit parah, kemerahan, dan bengkak pada sendi, biasanya jempol kaki.

Kondisi ini seringkali menimbulkan gejala yang termasuk tiba-tiba dan menyakitkan, mulai dari nyeri tajam, bengkak, kemerahan dan nyeri pada persendian, seringkali persendian antara jempol kaki dan kaki.

Orang yang menderita asam urat bahkan mengonsumsi obat setiap hari agar kadar asam urat selalu terjaga.

Alih-alih harus ketergantungan obat yang memiliki efek samping, gantilah dengan cara alami.

Berikut beberapa cara alami yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, berdasarkan saran dari ahli nutrisi klinis Clara Browell dan penelitian ilmiah:

Minum Air putih 8 gelas sehari 

Minum banyak air dapat membantu membuang asam urat dari tubuh. Disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas air setiap hari untuk menjaga hidrasi dan membantu mengurangi kadar asam urat​.

Baca Juga: Nikmati Minuman Kesehatan Dari Nira Aren

Konsumsi Makanan Kaya Vitamin C 

Penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin C dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah. Sumber vitamin C termasuk jeruk, paprika, stroberi, brokoli, kubis Brussel, dan kentang​​.

Hindari Makanan Tinggi Purin 

Purin diubah menjadi asam urat dalam tubuh. Menghindari makanan seperti daging merah, makanan laut, daging organ, bir, dan wiski dapat membantu mengurangi kadar asam urat. Sebaliknya, konsumsi lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian yang rendah purin​​.

Kurangi Konsumsi Alkohol 

Alkohol, terutama bir, dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan asam urat. Membatasi asupan alkohol dapat membantu mencegah peningkatan kadar asam urat​​.

Kurangi Asupan Pemanis Buatan 

Makanan dan minuman yang dimaniskan dengan gula buatan dapat meningkatkan kadar asam urat. Hindari soda, jus kemasan, kue kering, permen, dan bumbu seperti saus tomat atau mayones​.

Selain perubahan gaya hidup tersebut, tetaplah berkonsultasi dengan dokter untuk pengelolaan yang lebih baik dan penggunaan obat jika diperlukan. Menjaga pola makan sehat dan hidrasi yang cukup adalah langkah penting dalam mengelola asam urat tinggi secara alami.

Baca Juga: 8 Tanda Tubuh Kekurangan Kalsium, Sering Kram Otot hingga Jantung Berdebar



Sumber : Kompas TV, sajian sedap



BERITA LAINNYA



Close Ads x