Kompas TV lifestyle kesehatan

6 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kompas.tv - 15 Juni 2024, 05:05 WIB
6-manfaat-daun-kemangi-untuk-kesehatan-yang-jarang-diketahui
Ilustrasi Daun Kemangi yang Memiliki Beragam Manfaat untuk Kesehatan (Sumber: wirestock on Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Daun kemangi merupakan lalapan populer dalam aneka masakan tradisional Indonesia. Tanaman sayuran ini juga kerap digunakan sebagai penyedap makanan karena sifatnya yang aromatik.

Kemangi memiliki aroma jeruk limau yang kuat, sehingga kerap disebut sebagai lemon basil. Namun tak sekadar penyedap, daun kemangi juga mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh.

Melansir laman Healthline, daun kemangi memiliki sifat antioksidan, anti inflamasi, dan anti bakteri. Ketiganya dapat membantu tubuh terlindungi dari ancaman penyakit.

Baca Juga: Mulai Sekarang Jangan Buang Daun Kemangi, Ini Manfaat yang Bisa Didapat | SIINAU

Berikut ragam manfaat daun kemangi untuk kesehatan tubuh:

1. Membantu meredakan stres

Daun kemangi adalah salah satu makanan penghilang stres. Daun ini dapat membantu mengatasi stres fisik, metabolisme, hingga psikologis dengan kombinasi pengobatan yang diresepkan dokter.

Daun ini membantu melindungi sel-sel dalam tubuh terhadap stres kimia akibat paparan polutan industri, logam berat, aktivitas fisik yang terlalu berat, hingga stres psikologis.

Daun kemangi juga diketahui membantu melawan stres metabolik dengan cara mengendalikan gula darah, tekanan darah, dan kadar lipid. 

Khasiat ini berasal dari kandungan yang bersifat anti cemas dan antidepresan. 

2. Mengusir nyamuk demam berdarah

Penelitian yang diterbitkan Journal of Agromedicine and Medical Sciences (2017) menunjukkan bahwa ekstrak daun kemangi dapat dimanfaatkan sebagai insektisida alami.

Ekstrak daun kemangi dibuat menjadi obat nyamuk bakar untuk mencegah gigitan nyamuk Aedes aegypti atau nyamuk penyebab demam berdarah dengue (DBD). 

Kandungan flavonoid, saponin, tanin, dan dalam daun ini diketahui bersifat racun bagi nyamuk. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x