Kompas TV lifestyle kesehatan

Amankah Penderita Diabetes Makan Daging Sapi? Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 17 Juni 2024, 18:00 WIB
amankah-penderita-diabetes-makan-daging-sapi-ini-penjelasannya
Foto ilustrasi. Sapi kurban jenis limosin dengan berat sekitar 700 kilogram yang disumbangkan Wali Kota Surakarta sekaligus Wakil Presiden Terpilih periode 2024–2029 Gibran Rakabuming Raka di Masjid Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (16/6/2024). Pada penderita diabates harus memperhatikan betul konsumsi mereka khususnya daging. Bagaimana jika yang dikonsumsi daging sapi? (Sumber: Kompas.tv/Ant/Fath Putra Mulya)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penderita diabetes perlu mengatur asupan gula dan karbohidrat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, meski mengkonsumi daging-daging.

Namun, bagaimana dengan daging sapi? Apakah aman bagi penderita diabetes? Ternyata, daging sapi dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes asalkan tidak berlebihan. Mereka juga harus memilih potongan daging sapi yang rendah lemak. Untuk informasi lebih lanjut, simak ulasan berikut ini.

Amankah daging sapi untuk penderita diabetes?

Ya, daging sapi adalah sumber nutrisi yang aman dan baik bagi penderita diabetes. Dilansir dari Thinkbeef, daging sapi mengandung protein yang dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Dengan mengonsumsi daging sapi, penderita diabetes dapat mencegah makan berlebihan, sehingga berat badan mereka lebih terkontrol.

Baca Juga: Hari Kedua Iduladha: Israel Terus Bombardir Gaza, Keluarga Palestina Tak Punya Kesempatan Berkumpul

Kebanyakan penderita diabetes memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Menurunkan berat badan secara berkelanjutan dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Diabetes sering dikaitkan dengan peradangan kronis. Mengonsumsi daging sapi sebagai bagian dari diet Mediterania dapat menjadi sumber nutrisi yang baik untuk tubuh.

American Diabetes Association (ADA) tidak melarang penderita diabetes untuk mengonsumsi daging atau jenis makanan tertentu. Namun, ADA merekomendasikan konsumsi daging tanpa lemak.

Potongan daging sapi yang aman untuk penderita diabetes

Dikutip dari Healthline, potongan daging sapi yang aman bagi penderita diabetes antara lain bagian pinggang atas, sirloin bagian atas, brisket, bagian punggung yang datar, dan tenderloin atau has dalam. 

Sebaliknya, potongan daging tinggi lemak seperti iga, perut, organ dalam, tetelan, has luar atau sirloin, daging giling, serta olahan daging lainnya sebaiknya dihindari.

Daging berlemak tinggi dapat meningkatkan kolesterol dan peradangan yang berkontribusi pada risiko penyakit kardiovaskular.

Saat mengolah daging sapi, batasi penggunaan garam, penyedap rasa, mentega, dan minyak berlebihan. Selain itu, penderita diabetes sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi untuk mengetahui batas aman konsumsi daging sapi.

Baca Juga: Pemeriksaan Daging Hewan Kurban Sebelum Dibagikan


 



Sumber : Thinkbeef, Healthline



BERITA LAINNYA



Close Ads x