Kompas TV lifestyle kesehatan

Psikolog Ungkap Alasan Anak Sulung Perempuan Selalu Terlihat Lebih Dewasa dari Umurnya

Kompas.tv - 29 Juni 2024, 02:00 WIB
psikolog-ungkap-alasan-anak-sulung-perempuan-selalu-terlihat-lebih-dewasa-dari-umurnya
Ilustrasi anak remaja. (Sumber: Freepik)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Urutan kelahiran dipercaya berpengaruh pada karakter seseorang. Seperti halnya dengan anak perempuan sulung yang memiliki ciri khas lebih cepat dewasa dari usia sebenarnya.

Anak perempuan tertua biasanya memikul tanggung jawab lebih besar untuk mengasuh adik-adiknya, melakukan pekerjaan rumah, dan juga 'tugas emosional' seperti menahan diri dan menunjukkan perhatian.

Anak sulung, terutama perempuan bahkan seringkali sudah diberi tugas-tugas tersebut sejak kecil. Beban itu pada akhirnya membentuk kepribadian, perilaku, dan hubungannya dengan orang lain, sepanjang masa kanak-kanak, remaja, dan kelak saat dewasa.

Baca Juga: Kenapa Kebotakan Pria Dimulai dari Bagian Depan Kepala?

Menurut psikolog dr. Vaigail Lev, tanggung jawab dan peran yang dijalani anak perempuan tertua ini secara alam bawah sadar membuat mereka sering dianggap dominan atau bossy oleh adik-adiknya.

"Padahal anak perempuan pertama juga sering disalahkan orangtuanya ketika sesuatu berjalan tidak sesuai seharusnya," kata Lev melansir Psypost.

Dinamika dalam keluarga juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk jumlah saudara kandung.

"Anak perempuan sulung secara umum seperti percobaan. Anak selanjutnya cenderung mendapat perilaku yang lebih baik karena orangtua sudah belajar dari pengasuhan anak pertamanya," kata Lev.

dr. Vaigail Lev juga ungkap penelitian jangka panjang yang dilakukan tim dari Universitas California - Los Angeles yang menyimpulkan bahwa anak perempuan tertua cenderung lebih cepat dewasa dan mengalami pubertas lebih cepat.

Dampak psikologis menjadi anak sulung perempuan terkadang menimbulkan stres emosional yang mewujud dalam hal kecemasan, gangguan makan, dan depresi.

Meski berbagai tanggung jawab yang dimiliki bisa membantu seorang anak lebih efisien dalam mengerjakan tugas-tugas, tapi hal ini juga memicu masalah lain seperti kerja kompulsif.

"Penelitian itu menghasilkan jawaban anak sulung perempuan seringkali punya sifat perfeksionis. Mereka juga cenderung kurang puas dengan apa yang sudah dilakukannya," ujar dr Lev. 

Baca Juga: 6 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Menurut dr. Lev, karakter anak perempuan ini juga berpengaruh pada hubungannya, baik dalam hal romantis atau pertemanan.

"Biasanya anak sulung perempuan akan otomatis mengambil peran dan tanggung jawab yang sama seperti di rumahnya saat bersama teman-teman atau pasangannya," pungkas dr. Lev.


 



Sumber : Psypost



BERITA LAINNYA



Close Ads x