Kompas TV nasional update corona

Satgas Covid-19: Roadmap Vaksinasi Masuk Tahap Final

Kompas.tv - 4 November 2020, 18:14 WIB
satgas-covid-19-roadmap-vaksinasi-masuk-tahap-final
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito (Sumber: Biro Pers Sekretariat Presiden/Kris)
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah tengah mempertimbangkan berbagai hal dalam menyusun roadmap atau peta jalan vaksinasi dalam tahap finalisasi.

Dalam pertanyaan media di Kantor Presiden Jakarta, Selasa (3/11/2020), Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan ada 2 hal inti dari penyusunan roadmap.

Roadmap mencakup kandidat vaksin, dan penyusunan tahapan prioritas penerima vaksin.

"Dengan berbagai pertimbangan seperti ketersediaan vaksin, jumlah penduduk, wilayah berisiko, tahapan pemakaian dan indeks pemakaian. Selain itu, roadmap mencakup perkiraan skema platform vaksin dan sasaran klaster kelompok, estimasi kebutuhan dan rencana pemberian vaksin," ujar Wiku dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (04/11/2020).

Lebih lanjut Wiku menjelaskan nantinya roadmap akan memperhatikan kapasitas SDM yang melibatkan beberapa jenis tenaga kesehatan termasuk vaksinator.

Selain itu roadmap juga memperhatikan cold chain atau rantai dingin vaksin.

Untuk itu pemerintah telah menyiapkan jejaring layanan untuk menjamin aliran distribusi dengan melibatkan lintas sektor. 

Keamanan dan ketersediaan serta mekanisme penyuntikan vaksin melibatkan pendapat dari berbagai elemen baik lintas kementerian dan lembaga. 

"Kehadiran vaksin adalah angin segar untuk kita semua, tetapi hingga vaksin siap. Bahkan meskipun vaksin sudah ada dan siap, kita pastikan masyarakat dan pemerintah mematuhi protokol 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan sebagai upaya pencegahan primer," tegas Wiku menutup keterangan pers. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x