Kompas TV nasional peristiwa

Rizieq Shihab Hadir Melayat Jenazah Anggota FPI, Videonya Viral di Medsos

Kompas.tv - 9 Desember 2020, 16:48 WIB
rizieq-shihab-hadir-melayat-jenazah-anggota-fpi-videonya-viral-di-medsos
Rizieq Shihab menyapa massa yang menyambutnya di Jl. KS Tubun, Petamburan, DKI jakarta, Selasa, 10 November 2020. Rizieq dan keluarganya kembali ke tanah air setelah berada di Arab Saudi selama tiga tahun. (Sumber: ABDUL MALIK / KOMPASTV)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab nampak hadir melayat anggota FPI yang meninggal dalam insiden di Tol Jakarta-Cikampek Senin lalu.

Dalam sebuah video yang diunggah akun Twitter @AisyahMutah Rizieq hadir sebelum jenazah anggota laskar khusus FPI itu di makamkan di pemakaman pondok Pesantren Agrokultural, Megamendung Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/12/2020).

“Habibana Muhammad Rizieq Syihab ikut dalam proses pemakaman di Markas Syariah Megamendung....Alampun seakan-akan ikut berduka dan menyambut kepulangan Syuhada.... Allahu Akbar,” tulis akun @AisyahMutah, Rabu (9/12/2020).

Baca Juga: Pernyataan Lengkap Keluarga Laskar FPI yang Tewas: Negara Harus Tegakkan Hukum

Video berdurasi singkat tersebut Rizieq mengenakan baju gamis berwarna putih.

Rizieq hadir bersama sejumlah orang simpatisannya. Di video tersebut Rizieq dipayungi lantaran cuaca sedang hujan.

Adapun jenazah anggota FPI yang dimakamkan di Megamendung Bogor yakniAndi Oktiawan (33), Faiz Ahmad Syukur (22), Ahmad Sofiyan alias Ambon (26), Muhammad Suci Khadavi (21) dan Lutfi Hakim (25). Sementara jenazah Muhammad Reza (20) dimakamkan oleh pihak keluarga.

Sebelumnya Polda Metro Jaya menyerahkan enam jenazah simpatisan Rizieq Shihab yang tewas saat insiden di Tol Jakarta-Cikampek.

Baca Juga: Komnas HAM Dipersilakan Usut Kematian 6 Laskar FPI Pengawal Rizieq Shihab, Polri Siap Bantu

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan penyerahan enam jenazah laskar khusus FPI ini dilakukan setelah tim forensik kedokteran RS Polri Kramat Jati selesai melakukan autopsi.

Anggota FPI tersebut meninggal saat insiden penyerangan terhadap polisi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 50 pada Senin (8/12/2020) dini hari.

Peristiwa penyerangan simpatisan Rizieq Shihab tersebut saat polisi sedang melakukan penyelidikan terkait beredarnya informasi melalui aplikasi pesan singkat mengenai adanya pengerahan massa untuk mengawal pemeriksaan Rizieq.

Enam dari 10 laskar khusus FPI tewas ditembak lantaran melakukan penyerangan terhadap polisi. Polisi menyatakan mobil simpatisan Rizieq lebih dahulu memepet dan menyerang dengan senjata tajam dan senjata api.

Baca Juga: Iring-Iringan Ambulans Bawa Jenazah Laskar FPI Dimakamkan

Barang bukti yang diamankan saat insiden penyerangan tersebut yakni pedang, celurit, senjata api, beserta sejumlah pelurunya.

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x