Kompas TV nasional peristiwa

Menkes Budi Gunadi Sadikin: Saya Tidak Ada Hubungan dengan Ali Sadikin

Kompas.tv - 15 Januari 2021, 05:45 WIB
menkes-budi-gunadi-sadikin-saya-tidak-ada-hubungan-dengan-ali-sadikin
Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin saat diperkenalkan Presiden RI, Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Joko Widodo melantik 12 orang wakil menteri Kabinet Indonesia Maju. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV-Ketika Rapat kerja bersama Komisi IX DPR dan Menteri Kesehatan digelar pertama kali, Selasa (12/1/2021), banyak anggota DPR yang mempertanyakan sosok Menteri Kesehatan baru tersebut.

Sebagian mempertanyakan latar belakang Budi yang bukan dokter. Ada pula yang ingin mengenal dari sisi nama, karena menggunakan nama "Sadikin."

Saleh Partaonan Daulay dari Fraksi PAN, meminta agar Budi memperkenalkan diri dulu. Bahkan, Ribka Tjiptaning dari PDIP  meminta Budi membuka masker yang dia kenakana. "Tolong buku dulu sebentar saja," katanya.  

Baca Juga: Menkes Minta Masyarakat Indonesia Dukung Vaksinasi Covid-19

Budi pun memperkenalkan diri sebagai anak dari seorang mantan dirjen di Kementerian Pertanian. "Ayah saya dulu Kepala Kebun Raya Bogor," katanya. Budi  mengenyam pendidikan dari TK hingga SMA di kota hujan itu. "Ketika kuliah saya di ITB jurusan fisik nuklir," katanya.

Sementara terkait nama, Budi menyebut tidak ada kaitan dengan almarhum Ali Sadikin yang mantan Gubernur DKI Jakarta itu. "Ayah saya bernama Sadikin, jadi tidak ada hubungan dengan Ali Sadikin. Memang banyak yang tanya itu," katanya sambil tersenyum. 

Baca Juga: Setelah Divaksin, Menkes Budi Sadikin Merasa Tambah Ngantuk

Sementara sang ibu berasal dari Slawi, Jawa Tengah. 

Setelah lulus kuliah, karirnya dimulai sebagai Staf Teknologi Informasi di IBM Asia Pasifik, Tokyo, Jepang (1988–1994). Setelah pulang ke Indonesia, Budi bekerja di Bank Bali Tbk (1994–1999), dan Senior VP Consumer dan Commercial Banking ABN Amro Bank Indonesia & Malaysia (1999–2004). Dan terakhir menjabat sebagai direktur utama Bank Mandiri sebelum ditarik jadi Wakil Menteri BUMN. 


 


 
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x