Kompas TV nasional peristiwa

Membuat Oksigen Sendiri dari Aerator Akuarium Tidak Banyak Membantu

Kompas.tv - 6 Juli 2021, 05:05 WIB
membuat-oksigen-sendiri-dari-aerator-akuarium-tidak-banyak-membantu
Aerator akuarium tidak bisa menghasilkan oksigen 90 persen (Sumber:kominfo-)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Seiring melonjaknya permintaan oksigen di tengah kasus Covid-19, beredar unggahan video di media sosial Facebook yang memperlihatkan cara membuat oksigen bagi pasien Covid-19 dengan menggunakan aerator, yaitu alat untuk membantu melarutkan oksigen dari udara ke dalam air kolam atau akuarium. 

Baca Juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Alat Pengukur Kadar Oksigen Langka Di Pasaran

Namun, berdasarkan hasil penelusuran dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, video yang disertai klaim bahwa aerator atau pompa udara bisa membuat oksigen yang dapat digunakan untuk pasien Covid-19 yang sedang sesak napas adalah menyesatkan. 

Faktanya, berdasarkan Kepala Balai Pengembangan Instrumentasi di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Anto Tri Sugiarto,  alat tersebut tidak akan dapat menambah jumlah oksigen yang dihirup. 

Baca Juga: Mengaku Keluarga Pejabat, 3 Pria Minta Tabung Oksigen Secara Paksa Hingga Aniaya Perawat

Sebab,  pompa aerator hanya membantu mengirim udara ke saluran pernapasan. Pendapat ini diperkuat oleh Koordinator Kelompok Penelitian Otomasi Industri, Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI Hendri Maja Saputra, yang mengatakan bahwa ia dan timnya sudah mencoba bereksperimen menggunakan alat seperti yang ditampilkan dalam video tersebut. 

Baca Juga: Anies Minta Oksigen untuk Industri Dialihkan ke Kebutuhan Medis

"Dari hasil pengukuran, udara yang dihasilkan alat tersebut tidak menunjukkan adanya peningkatan fraksi oksigen, yakni masih sekitar 21 persen. Sedangkan untuk oksigen murni, fraksi oksigennya seharusnya mencapai di atas 90 persen," demikian penjelasan peneliti  LIPI tersebut seperti dikutip situs Kominfo, Senin (5/7/2021).



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x