Kompas TV nasional kesehatan

Menkes Sampaikan 2.000 Tambahan Tempat Tidur untuk Pasien Covid-19

Kompas.tv - 16 Juli 2021, 17:33 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, menyampaikan kabar tambahan tempat tidur untuk pasien Covid-19.

Pernyataan tersebut disampaikan Menkes saat menggelar konferensi pers secara daring bersama Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, yang disiarkan dalam Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (16/7/2021).

Menkes mengatakan, Pemerintah telah menyediakan Rumah Sakit Asrama Haji Pondok Gede berkapasitas seribu tempat tidur yang terdiri dari 900 tempat tidur perawatan dan 100 tempat tidur ICU.

“Kami juga meng-update mengenai tambahan sekitar 300 tempat tidur di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dan juga kami update ada tambahan antara 300-500 tempat tidur lagi yang dilakukan oleh Rumah Sakit Pertamina di Jakarta," ucap Menkes.

"Jadi, total mungkin ada persediaan hampir 2.000 tempat tidur tambahan yang sedang dipersiapkan untuk pasien dengan kategori sedang,” lanjutnya.

Menkes menambahkan, pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga mengupayakan pembangunan rumah sakit (RS) lapangan di berbagai wilayah di Tanah Air.

“Kami juga bekerja sama dengan tim dari Kementerian PUPR, sudah mengunjungi Bandung dan juga Jawa Tengah dan sudah mengidentifikasi beberapa tempat untuk pembangunan rumah sakit lapangan yang memberikan tambahan tempat tidur, kalau memang diperlukan," ujarnya.

"Tim sekarang sudah terus jalan ke Surabaya, juga untuk mengidentifikasi potensi kalau diperlukan adanya tambahan tempat tidur,” pungkas Budi.

Video Editor: Mukhammad Rengga



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x