Kompas TV nasional politik

Jokowi Sebut PON XX Panggung Persatuan dan Persaudaraan

Kompas.tv - 2 Oktober 2021, 19:49 WIB
jokowi-sebut-pon-xx-panggung-persatuan-dan-persaudaraan
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) saat membuka secara resmi PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Sabtu (2/10/2021). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAYAPURA, KOMPAS.TV – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX merupakan panggung persatuan, kebersamaan, dan panggung persaudaraan.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka PON XX di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021).

“PON ini juga memiliki makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia, PON ini adalah pangung persatuan, panggung kebersamaan, panggung persaudaraan, PON ini adalah panggung kesetaraan dan panggung keadilan, untuk maju bersama, sejahtera bersama dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia,” urainya.

Jokowi mengaku bangga berada di Tanah Papua, juga bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik, serta bangga membuka PON XX, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua.

Menurutnya, PON kali ini menggambarkan kemajuan Papua, serta menunjukkan kesiapan infrastruktur di tanah Papua.

“Dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional,” lanjutnya.

Baca Juga: Riau, Sulawesi Tenggara dan Papua Tambah Satu Emas di Cabang Olahraga Dayung PON Papua

Jokowi menambahkan, stadion Lukas Enembe yang sangat megah tersebut bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua.

Ada sejumlah capaian lain dari kemajuan Papua, di antaranya konektivitas laut, konektivitas darat, konektivitas udara, bandara, pelabuhan, jalan lintas Papua, serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) Papua.

“Selain terus meningkatkan kualitas dan kuantitas lembaga pendidikan formal, saya tadi pagi juga meresmikan dimulainya pembangunan Papua Youth Creative Hub,” tuturnya.

Papua Youth Creative Hub tersebut bertujuan untuk mencetak wirausaha-wirausaha yang sukses, yang bisa meningkatkan nilai tambah dari potensi-potensi yang ada di Papua.

Selanjutnya, Jokowi menyebut bahwa prestasi anak muda Papua juga harus terus dipupuk dan dikembangkan, termasuk prestasi para atletnya.

Baca Juga: Tandatangani Prasasti Venue PON XX, Jokowi: Kini Papua Memiliki Venue Olahraga Standar Internasional

“Marilah PON ini dengan penuh suka cita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan, serta persatusan dan kesatuan bangsa. Yakinlah, kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari kita tunjukkan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX ini.”

Sebelumnya, dalam sambutan selamat datang, Gubernur Papua Lukas Enembe menyampaikan, pihaknya selaku panitia penyelenggara akan berupaya semaksimal mungkin membuat banyak senyum dan tawa.

Lukas juga mengatakan bahwa pandemi Covid-19 merupakan musuh kita bersama yang hingga saat ini membuat kita semua terlatih, tersandung, terjatuh, bahkan banyak saudara kita yang gugur melawan pandemi.

Namun upaya yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah, yakni senantiasa berbuat baik demi mengantisipasi dan melindungi seluruh rakyat Indonesia, juga evaluasi dan monitoring membuat kegiatan akbar ini dapat terlaksana.

“Hingga akhirnya kami dapat melaksanakan kegiatan akbar ini dengan berbagai pembatasan. Dari tanah Papua saya akan tunjukkan kepada seluruh sahabat yang ada di penjuru nusantara, bahwa kami masyarakat Papua akan senantiasa menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Republik Indonesia, sebab merah putih akan selalu terjahit rapi dalam hati dan jiwa kami.”



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x