Kompas TV nasional politik

Politikus Demokrat Ingatkan Parpol di Jakarta Bijak Gunakan Dana Hibah dari Anies

Kompas.tv - 23 Desember 2021, 15:30 WIB
politikus-demokrat-ingatkan-parpol-di-jakarta-bijak-gunakan-dana-hibah-dari-anies
Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Demokrat Mujiyono (Sumber: Dokumen pribadi)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV  - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengucurkan dana hibah bantuan keuangan kepada partai politik (parpol) tahun 2021 sebesar Rp27,2 miliar untuk 10 parpol.

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Demokrat Mujiyono mengimbau kepada setiap parpol untuk dapat menggunakan dana hibah itu sebaik-baiknya sesuai peraturan perundang-undangan. 

Baca Juga: Gubernur DKI Anies Baswedan Beri Dana Hibah untuk Partai Politik, PDIP Terbesar Rp 6,68 Miliar

"Penggunaan dana hibah ini harus dilakukan secara baik sesuai dengan Undang-Undang. Karena ini menyangkut uang rakyat, hibah melalui APBD," kata Mujiyono dalam keterangan tertulis, Kamis (23/12/2021). 

Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta itu menjelaskan, tahun ini dana hibah yang diberikan ke parpol mengalami kenaikan. Sebelumnya, dana hibah untuk parpol ini sebesar Rp2.400 per suara, kini naik menjadi Rp5.000 per suara sejak tahun 2020.

"Laporan penggunaan dana hibah ini juga harus dilaporkan secara transparan, akuntabel, dan dipublikasikan di tempat umum. Misalnya, di kantor partai, supaya masyarakat tahu, jangan sampai ada laporan fiktif," katanya. 

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, dana bantuan keuangan yang diberikan kepada 10 partai politik tersebut berasal dari warga Jakarta. 

"Kita berharap, bantuan keuangan ini menjadi bekal bukan sekedar nilai rupiahnya tapi menandakan penyaluran langsung dari rakyat Jakarta untuk partai-partai politik di Jakarta," kata Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta, Rabu (22/12/2021).

Baca Juga: Anies Berikan 10 Partai Politik Dana Hibah Rp27,2 Miliar: Bantuan Ini dari Rakyat Jakarta

Setelah mendapat dana hibah, Anies berharap partai politik dapat mengelola bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar masyarakat lebih merasakan manfaatnya.

"Ini harapan kita dan kemunculan partai yang semakin maju, maka akan dirasakan oleh warganya. Konstituen elektorat pasti akan merasakan organisasi kepartaian tumbuh berkembang," ujar Anies.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x