Kompas TV nasional agama

Pandemi Covid-19, Gereja Katedral Hanya Terima 650 Umat Saat Misa Natal

Kompas.tv - 24 Desember 2021, 15:05 WIB
pandemi-covid-19-gereja-katedral-hanya-terima-650-umat-saat-misa-natal
Ruangan Gereja Katedral Jakarta. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Setiap pemeluk agama kristen di belahan dunia manapun pada Jumat (24/12/2021), malam akan melaksanakan ibadah Misa Natal. Bagi mereka yang berdomisili di Jakarta, Gereja Katedral akan menjadi pilihan untuk tempat beribadah. 

Di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia, khususnya wilayah Ibu Kota, Gereja Katedral membatasi kapasitas umat yang ingin beribadah di sana. Kapasitas orang yang bisa masuk ke sana dibatasi hanya sebanyak 650 umat. 

Baca Juga: Jadwal dan Link Live Streaming Misa Natal di Gereja Katedral Jakarta

Humas Gereja Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta Susiana Suadi mengatakan, sesuai dengan kebijakan yang diatur oleh Keuskupan Agung Jakarta, yakni kapasitas 40 persen untuk pelaksanaan ibadah tatap muka.

"Khusus di Katedral, 40 persen itu adalah 650 umat yang akan diterima," kata Susi seperti dilansir dari Kompas.com.

Susi menjelaskan, 650 umat akan disebar ke tiga titik di dalam gereja. Lokasi pertama ada di dalam gereja dengan kapasitas 310 orang. 

Keduai adalah aula atas yang disiapkan untuk 210 umat dan terakhir di plaza samping yakni Plaza Maria untuk 130 umat. 

Baca Juga: Pandemi Covid 19 Jumlah Jemaat Misa Natal Dibatasi Hingga 70 Persen

Ia menjelaskan, agar mendapat kuota beribadah di Katedral, maka masyarakat pun harus mendaftar secara online terlebih dahulu. 

Selain itu, umat yang ingin beribadah juga harus beribadah di paroki gerejanya masing-masing menyusul situasi pandemi Covid-19 yang masih terjadi. 

"Jadi tidak boleh lintas paroki. Kemudian mereka harus daftar lewat website Belarasa dari Keuskupan Agung Jakarta dan memasukkan nama atau nomor biduk."

"Dari situ kemudian dapat QR code dan QR code itu dibawa untuk ditunjukkan dan disertai KTP kemudian dilakukan scan PeduliLindungi. Jadi beberapa lapis," kata dia. 

Baca Juga: Kesiapan Gereja Katedral Jelang Natal

Selain menggelar misa secara tatap muka, Gereja Katedral juga menyelenggarakan misa online atau daring yang terbuka untuk umum dan bisa diakses siapa saja. 

Misa Gereja Katedral secara online bisa diikuti melalui kanal YouTube Komsos Katedral Jakarta, Komsos Keuskupan Agung Jakarta, dan Hidup TV. 

Di samping itu, agar penyelenggaraan misa baik pada Malam Natal maupun Hari Natal berjalan lancar, kata dia, pihaknya sudah mempersiapkan petugas-petugas liturgi.
 



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x