Kompas TV nasional update corona

Mulai Pekan Ini, Kemenkes Perluas Telemedicine Pasien Isoman Covid-19 ke Luar Jawa-Bali

Kompas.tv - 15 Februari 2022, 08:16 WIB
mulai-pekan-ini-kemenkes-perluas-telemedicine-pasien-isoman-covid-19-ke-luar-jawa-bali
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menyebut Kemenkes akan kembali memperluas jangkauan penggunaan layanan telemedicine ke provinsi di luar Jawa dan Bali mulai pekan ini. (Sumber: Dok. BNPB)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan akan memperluas akses layanan telemedicine bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (Isoman) di rumah.

Seperti diketahui, mulanya layanan tersebut diujicobakan pada wilayah aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Kemudian diperluas ke daerah di kawasan aglomerasi Jawa-Bali.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut Kemenkes kembali memperluas jangkauan penggunaan layanan telemedicine ke provinsi di luar Jawa dan Bali mulai pekan ini.

Hal ini, kata dia, sesuai dengan arahan dari Menteri Koordinator Bidang Perekenomian Airlangga Hartarto. 

"Rencananya, atas arahan Pak Menko Perekonomian, selain di Jawa-Bali, mulai minggu ini kita lakukan di luar Jawa-Bali," kata Budi dalam konferensi pers daring, Senin (14/2/2022). 

Budi menyebut, hingga saat ini, tercatat lebih dari 350 warga yang mengakses layanan telemedicine tersebut.

Adapun 100 ribu di antaranya, lanjut Budi, sudah mendapatkan paket obat dari Kemenkes saat mereka tengah menjalani Isoman.

"Kita juga sudah melakukan layanan telemedicine, lebih ke-350 ribu rakyat dan 100 ribu sudah menerima obatnya," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Budi juga kembali mengimbau masyarakat yang terpapar Covid-19 dengan gejala ringan atau tak bergejala dapat menjalani Isoman di rumah masing-masing. Hal ini agar tidak menjadikan beban rumah sakit rujukan.

Baca Juga: Kemenkes: Pelaku Perjalanan Luar Negeri Boleh Lakukan Tes Pembanding Covid-19

"Kami mengharapkan rakyat, kalau misalkan OTG atau gejala ringan, saturasi oksigen masih di atas 95 persen. Bisa dirawat di rumah, enak. Kalau di rumah sakit bisa mudah tertular, keluarganya juga susah melayani," ujarnya. 

Layanan Telemedicine

Telemedicine adalah layanan medis online yang memungkinkan dokter atau tenaga medis memberikan pelayanan kesehatan dari jarak jauh.

Melalui layanan tersebut pasien bisa mendapatkan layanan telekonsultasi dan paket obat gratis.

Adapun paket obat gratis yang akan didapatkan pasien berupa Paket A untuk pasien tanpa gejala, terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet.

Kemudian terdapat Paket B untuk pasien bergejala ringan terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet, Favipiravir 200mg 40 kapsul, atau Molnupiravir 200 mg - 40 tab dan parasetamol tablet 500 mg jika dibutuhkan.

Layanan yang diperuntukkan bagi pasien Covid-19 yang sedang menjalani Isoman ini dapat diakses melalui https://isoman.kemkes.go.id/.

Dalam menyediakan layanan tersebut Kemenkes bekerja sama dengan 17 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dokter dan jasa pengiriman obat secara gratis bagi pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Platform tersebut antara lain, Alodokter, Getwell, Good Doctor, Grabhealth, Halodoc, KlikDokter, KlinikGo, Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, YesDok, Aido Health, Homecare24, Lekasehat, mDoc, Trustmedis, dan Vascular.

Baca Juga: Simak! Ini Cara Akses Telemedicine Bagi Pasien Isoman Terkonfirmasi Omicron



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x