Kompas TV nasional agama

Jakarta Punya World Halal Centre, Anies Baswedan pun Bangga

Kompas.tv - 19 Februari 2022, 15:21 WIB
jakarta-punya-world-halal-centre-anies-baswedan-pun-bangga
Anies Baswedan bersama Ketua NU DKI jakarta KH Slamet Maarif saat peresmian World Halal Centre di DKI Jakarta, Kamis (17/2/2022) (Sumber: Instagram Anies Baswedan)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mengaku berbahagia Jakarta saat ini memiliki World Halal Centre.

Anies pun bangga dengan capaian yang dilakukan oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta yang membuat potensi UMKM di Jakarta bakal mendunia. 

World Halal Centre didirikan PWNU DKI Jakarta bernama World Halal Centre Nahdlatul Ulama (WHC NU) dan secara resmi diluncurkan, Kamis (17/2/2022).

Lembaga ini berfokus pada sertifikasi halal, serta pendampingan Proses Produk Halal (PPH) dan terdaftar di Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Menurut Anies, World Halal Centre ini bakal menemani pelaku usaha baik mikro, kecil, menengah, maupun besar yang ada di DKI Jakarta. 

“Alhamdulillah, kemarin turut menghadiri Peresmian World Halal Centre Nahdlatul Ulama (WHC NU) di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta. Insya Allah amat membantu memberikan ketenangan dan menjangkau konsumen internasional yang menginginkan produk halal,” kata Anies dikutip dari Instagram resminya @aniesbaswedan Jumat (17/2).

Anies pun mengatakan, Lembaga ini penting untuk bersama-sama menjalankan syariat agama melalui kehalalan produk dengan menerapkan sistem jaminan halal.

“Peluncuran ini sesuai dengan lambang NU yang di dalamnya terdapat globe dunia, di mana kita harus punya kesadaran bahwa kita merupakan warga kota, negara dan dunia,” paparnya.  

“Insya Allah, ini penanda bahwa PWNU jangkauannya mendunia. Dan langkah ini merupakan kelanjutan perjuangan dari para pendiri NU,” imbuhnya.

Baca Juga: Prabowo-Cak Imin atau Anies-RK yang Ideal bagi Pemilih Muslim? Begini Analisis Pakar Politik Islam

World Halal Centre, Upaya Menaikkan Level UMKM

Anies lantas mengatakan, World Halal Centre ini nantinya akan dihubungkan dengan Jakpreneur terkait urusan halal. 

“Ini yang kami hubungkan dengan melakukan program Jakpreneur yang agresif jemput bola memberikan IUMK dan NPWP, sehingga kini sudah lebih dari 250 ribu UMKM yang tergabung dan mendapatkan manfaat," paparnya. 

Hal tersebut akan semakin lengkap dengan adanya pendampingan terkait sertifikasi halal dari WHC NU, sehingga tinggal disinkronkan dengan program Jakpreneur yang ada.

Dengan adanya sertifikasi halal yang berkelas internasional, maka diharapkan produk-produk UMKM Jakarta juga mendapatkan akses lebih luas ke pasar global, apalagi Jakarta akan terus berkembang sebagai kota internasional.

Pandemi ini, lanjut Anies, memberikan dampak luar biasa pada usaha mikro dan ultra mikro. Tapi, di sisi lain, pandemi juga membuat pasar digital berkembang pesat.

Anies Baswedan Lantas bercerita soal Nahdlatul Tujjar atau kebangkitan saudagar, lembaga yang didirikan oleh para ulama NU. Organisasi adalah cikal bakal Organisasi NU yang lahir pada tahun 1926.

“Kita sudah maklum bahwa sebelum NU, mereka mendirikan Nahdlatut Tujjar pada 1918, lembaga yang berfokus pada peningkatan ekonomi agar umat lebih berdaya. Saat itu gerakannya masih berpusat di daerah," paparnya. 

"Kini, PWNU DKI melangkah lebih jauh dengan berperan di tingkat dunia,” imbuhnya. 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x