Kompas TV nasional peristiwa

Presiden Jokowi Tiba di Titik Nol IKN, Tanah dan Air dari Seluruh Nusantara pun Disatukan

Kompas.tv - 14 Maret 2022, 09:07 WIB
presiden-jokowi-tiba-di-titik-nol-ikn-tanah-dan-air-dari-seluruh-nusantara-pun-disatukan
Presiden Jokowi dan rombongan telah tiba di titik nol kilometer IKN untuk melakukan serangkaian acara hari ini, Senin (14/3/2022). (Sumber: Youtube Sekretariat Presiden)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Jokowi bersama sejumlah pejabat tiba di Titik Nol Ibukota Negara Baru (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur untuk melakukan serangkaian acara pada Senin (14/3/2022).

Rombongan Presiden Jokowi bertolak dari Balikpapan pada pukul 07.30 WIB dan sampai di IKN sekitar pukul 08.35, WIB.

Sesampainya di lokasi, Presiden Jokowi didampingi oleh istrinya, Iriana disambut tarian ganjar ganjur, yaitu tarian selamat datang oleh penari Keraton Kasultanan Kutai Kartanegara Ingmartadipura.

Presiden Jokowi juga didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Baca Juga: Lawan Arus Masuk Jalur Transjakarta di Permata Hijau, Mobil Sedan Tabrak Bus Hingga Ringsek!

Selain itu, ada pula Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.

Di lokasi acara, Presiden kemudian melakukan prosesi penyatuan tanah dan air Nusantara yang dibawa dari 34 provinsi. 

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan bahwa tanah dan air tersebut sebelumnya telah dibawa oleh gubernur dari masing-masing provinsi.

"Prosesinya adalah para gubernur membawa tanah dan air dari masing-masing wilayah di mana diambil dari titik-titik lokasi yang tentunya sesuai dengan kearifan lokal masing-masing dan budaya masing-masing," ujar Heru dalam keterangan tertulisnya.

Nantinya para gubernur akan menyerahkan Presiden Jokowi untuk dituangkan di gentong yang sudah disiapkan menjadi satu dari 34 provinsi.

Selanjutnya Presiden Jokowi bersama para gubernur dan tokoh masyarakat setempat akan melakukan prosesi doa.

"Intinya kita berdoa dan tentunya memohon kepada Allah Swt., supaya program yang besar ini bisa berjalan dengan baik dan tentunya semua elemen masyarakat bisa mendukung," tambahnya.

Selepas acara tersebut, Presiden dan para gubernur juga dijadwalkan untuk melakukan penanaman pohon bersama di lokasi yang tak jauh dari tugu titik nol kilometer. 

Baca Juga: Penyatuan Tanah-Air dari 34 Provinsi di IKN Jadi Simbol Dimulainya Pembangunan Ibu Kota Baru

Dalam kesempatan tersebut, setiap gubernur akan menanam pohon khas daerahnya masing-masing.

Pada malam harinya, Presiden direncanakan untuk berkemah di lokasi IKN untuk kemudian melanjutkan agenda kerja keesokan harinya. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x