Kompas TV nasional peristiwa

Di Sumenep, Jokowi dan Prabowo Kompak Belanja Blangkon Khas Raja-raja Madura

Kompas.tv - 20 April 2022, 13:53 WIB
di-sumenep-jokowi-dan-prabowo-kompak-belanja-blangkon-khas-raja-raja-madura
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto kompak membeli blankong khas Madura. (Sumber: Tangkap Layar kanal YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto kompak membeli blangkon khas Madura saat mengunjungi Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Rabu (20/4/2022). 

Berdasarkan keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, kehadiran Jokowi di Sumenep untuk meresmikan Bandar Udara Trunojoyo.

Adapun, setibanya di Bandar Udara Trunojoyo Jokowi beserta rombongan melakukan peninjauan panel dan menerima penjelasan dari Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto.

Jokowi kemudian, mengunjungi stan kerajinan lokal khas Madura yang berada di ruang tunggu bandara tersebut dan membeli dua kain batik serta satu udeng blangkon.

“Berapa blangkonnya? tanya Jokowi ke penjaga stan seperti yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu.

“75 ribu, Bapak,” jawab penjaga stan.

“Langsung saya pakai saja,” ujar Presiden.

Prabowo yang mendampingi pun turut membeli blangkon yang sama dengan orang nomor satu di Indonesia tersebut. 

Baca Juga: Jokowi Ingin Penerbangan Bandara Trunojoyo Diaktifkan pada Mudik Lebaran 2022

Keduanya kemudian menggunakan blangkon merah tua yang baru saja dibelinya pada acara peresmian Bandar Udara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep.

Sementara itu, Arif Wahyudi, penjaga stan kerajinan lokal tersebut mengatakan bahwa blangkon yang dibeli Jokowi dan Prabowo merupakan blangkon khas raja-raja Madura zaman dahulu kala.

Di sisi lain, setelah meresmikan Bandar Udara Trunojoyo, Kepala Negara kemudian memberikan sejumlah bantuan sosial kepada para penerima manfaat di sejumlah pasar di Kabupaten Sumenep.

Usai memberikan bantuan, Presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Sidoarjo.

“Setibanya di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Presiden langsung menuju Kota Surabaya, tepatnya PT PAL Indonesia (Persero), untuk menghadiri acara Peluncuran Holding dan Program Strategis Badan Usaha Milik Negara Industri Pertahanan Defend ID,” demikian keterangan Biro Pers.

“Kemudian, Presiden juga akan memberikan sejumlah bantuan sosial kepada para penerima manfaat di beberapa lokasi di Kota Surabaya,” lanjutnya.

Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Provinsi Jawa Timur, Presiden juga akan berkunjung ke Kabupaten Gresik, untuk memberikan sejumlah bantuan sosial di beberapa lokasi di kota tersebut.

Baca Juga: Jokowi Perintahkan Kejaksaan Agung Usut Tuntas Permainan Minyak Goreng



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x