Kompas TV nasional peristiwa

Kapolda Jabar: Kepadatan Arus Mudik Diperkirakan Mulai Terjadi Besok Rabu Malam

Kompas.tv - 26 April 2022, 18:42 WIB
kapolda-jabar-kepadatan-arus-mudik-diperkirakan-mulai-terjadi-besok-rabu-malam
Ilustrasi arus lalu lintas di jalur mudik. (Sumber: Prahayuda Febrianto)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS. TV – Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Irjen Pol Suntana memperkirakan, kepadatan lalu lintas pemudik akan mulai terjadi pada Rabu (27/4/2022) besok malam.

“Kemungkinan mulai 27 malam (Rabu 27 April 2022), kemungkinan terjadi kepadatan,” kata Suntana saat meninjau posko pengamanan mudik di Gadog, Bogor, Selasa (26/4).

Suntana menjelaskan, sejak kemarin, memang sudah terpantau ada kenaikan jumlah kendaraan di jalur-jalur mudik dan jalur arteri di Jawa Barat.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik Di Pelabuhan Dipadati Penumpang

Dia mencontohkan, kenaikan jumlah kendaraan terlihat di Bekasi, Karawang dan juga di selatan Jawa Barat. Peningkatan kendaraan itu mencapai 10 hingga 20 persen.

“Dari batas kemarin di jalur arteri dari Bekasi, Karawang sampai jalur selatan sudah ada kenaikan 10 sampai 20 persen,” tuturnya.

Meskipun sudah ada kenaikan, namun Suntana menyatakan, peningkatannya belum terlalu banyak. Sehingga, polisi  belum memberlakukan rekayasa lalu lintas seperti contraflow, one way, maupun ganjil genap.  

Baca Juga: Menko PMK Imbau Pemudik Lewat Pelabuhan Merak Berangkat Lebih Awal: Jangan Tunggu Puncak Mudik

Dia juga menjelaskan, situasi secara umum di Jawa Barat relatif kondusif. Polda Jabar, kata Suntana, sudah siap melayani perjalanan mudik masyarakat.

Bahkan sudah ada pos pelayanan, pos pengamanan dan pos terpadu sebanyak 239 titik yang tersebar di seluruh Jawa Barat.

Dia juga meminta masyarakat memperhatikan imbauan pemerintah agar mudik lebih cepat atau lebih awal. Hal ini untuk menghindari adanya kepadatan kendaraan dan penumpukan kendaraan di hari yang sama.

Baca Juga: Evaluasi Uji Coba Ganjil Genap di Tol: Masih Banyak Pemudik Lebaran 2022 yang Bingung dan Tidak Tahu

“Imbauan pemerintah kepada masyarakat untuk bisa mendahului mudik, ini juga (agar) diikuti. Karena di beberapa jalur mulai mengalami kepadatan,” tegasnya.

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x