Kompas TV nasional peristiwa

Presiden Jokowi Tiba di Washington DC, Hadiri KTT ASEAN-AS hingga Bertemu Joe Biden dan CEO Besar AS

Kompas.tv - 11 Mei 2022, 10:23 WIB
presiden-jokowi-tiba-di-washington-dc-hadiri-ktt-asean-as-hingga-bertemu-joe-biden-dan-ceo-besar-as
Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana & rombongan tiba di Bandara Andrew Air Force Base, Washington DC, AS. Kedatangan Presiden disambut Dubes RI untuk AS dan sejumlah perwakilan dari AS. (Sumber: istimewa)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

WASHINGTON DC, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Widodo berserta rombongan sudah tiba di Bandara Andrew Air Force Base, Washington DC, Amerika Serikat pada pukul 21.30 waktu setempat, Selasa (10/5/2022), atau pukul 08.30 WIB, Rabu, 11 Mei 2022.

Kedatangan Presiden Jokowi dan rombongan disambut oleh Dubes RI untuk AS dan sejumlah perwakilan dari AS.

Sebagaimana telah diberitakan, Presiden Jokowi akan menghadiri KTT Khusus ASEAN-Amerika Serikat dan rangkaian kegiatan lainnya pada 11-13 Mei 2022.

Sebelum tiba di Washington DC, Presiden Jokowi dan rombongan sempat transit selama 2 jam untuk menunggu pengisian bahan bakar pesawat di Bandara Internasional Schipol di Amsterdam, Belanda, Selasa 10 Mei 2022 pukul 17.20 waktu setempat (WS) atau pukul 22.20 WIB.

Di Amsterdam, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana disambut Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda Mayerfas dan langsung menuju ruang tunggu.

Baca Juga: Jokowi Berharap KTT ASEAN-AS Berkontribusi Bagi Perdamaian hingga Kemakmuran Kawasan

Dalam kesempatan tersebut, Presiden dan Ibu Iriana didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Sesuai keterangan Presiden Jokowi sebelum berangkat ke Amerika Serikat, Presiden mengatakan akan melakukan pertemuan dengan anggota Kongres, lalu pertemuan dengan para-CEOs besar Amerika.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi menungkapkan juga akan melakukan pertemuan dengan Wapres Kamala Harris dan Tim Perubahan Iklim Amerika, dan juga mengikuti pertemuan Tingkat Tinggi Pemimpin ASEAN dan Presiden Joe Biden.

Dalam keterangannya, Presiden Joko Widodo mengatakan, Indonesia sebagai pemegang koordinator kemitraan ASEAN-AS periode 2021-2024 berharap KTT Khusus yang diselenggarakan di Washington DC memberi berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan.

Baca Juga: Jokowi ke AS, Hadiri KTT Khusus ASEAN-AS hingga Bertemu Joe Biden dan Para-CEO Besar Amerika

“Indonesia saat ini memegang koordinator kemitraan Asian Amerika Serikat berada 2021-2024, Indonesia berharap KTT khusus ini akan menghasilkan kerjasama yang dapat berkontribusi bagi perdamaian, bagi stabilitas dan bagi kemakmuran di kawasan,” ucap Presiden Jokowi.

Selain itu Presiden Jokowi juga menuturkan dengan Asian Outlook on the Indo Pasifik, ASEAN Siap bersinergi dengan seluruh negara anggota ASEAN termasuk Amerika Serikat.  

“Dalam mengembangkan kerjasama yang konkrit, yang inklusif, dan saling menguntungkan,” ujarnya.

“Kita memiliki tanggung jawab menjadi indo-pasifik sebagai kawasan yang damai yang stabil dan sejahtera,” tambahnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x