Kompas TV nasional peristiwa

Tanggapi Pesan Megawati, Erick Thohir Ingin Bikin Bioskop Mini yang Tayangkan Sejarah di Sarinah

Kompas.tv - 13 Juni 2022, 21:56 WIB
tanggapi-pesan-megawati-erick-thohir-ingin-bikin-bioskop-mini-yang-tayangkan-sejarah-di-sarinah
Presiden kelima RI Megawati Soekaroputri dan Menteri BUMN Erick Thohir di Gedung Sarinah, Jakarta, Senin (13/6/2022).  (Sumber: istimewa)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri berpesan kepada Menteri BUMN Erick Thohir agar Gedung Sarinah dapat berkontribusi dalam menginformasikan fakta-fakta sejarah. Erick pun mengungkap ide untuk membuat bioskop mini yang akan menayangkan sejarah bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan Erick seusai mendampingi Megawati dalam kunjungannya ke Gedung Sarinah, Jakarta, Senin (13/6/2022).

“Beliau (Megawati) berpesan kalau bisa nanti fakta-fakta sejarah bisa terus digulirkan di Sarinah, bagaimana kita sebuah kebangsaan ada naik turunnya dalam sejarah,” kata Erick.

“Nah itu mungkin kita coba ada bioskop mini tetapi bukan movie theater yang besar itu. Bioskop mini supaya orang bisa lihat sejarah kita, sejarah Sarinah, sejarah lain-lain.”

Baca Juga: Ditemani Menteri BUMN Erick Thohir, Megawati Kunjungi Galeri Bung Karno di Gedung Sarinah Jakarta

Erick mengatakan, dengan adanya bioskop mini yang menginformasikan sejarah secara visual, akan memudahkan generasi muda untuk memahaminya.

Sebab saat ini, kata dia, anak muda lebih tertarik dengan tampilan visual seperti yang ada di platform macam TikTok dan YouTube, karena lebih mudah ditangkap pesannya.

“Yang secara visual mudah dibayangkan oleh generasi muda sekarang, karena ini kan eranya Tiktok dan Youtube,” ujar Erick.

Erick mengaku bersyukur karena Megawati puas setelah melihat galeri seni dan Galeri Bung Karno. Namun, lanjut dia, ada beberapa catatan yang akan ditingkatkan oleh pihak Sarinah yakni menambahkan gambar berupa visual soal sejarah bangsa.

Baca Juga: Kunjungi Mal Sarinah, Megawati Ceritakan Sejarah Singkat Marhaen dan Tertawa Bersama Erick Thohir

“Alhamdulillah, beliau (Megawati) tadi memuji. Tinggal tadi catatan ditambah sejarah secara visualisasi yang mudah bisa generasi muda mengerti dan mengikuti,” jelas Erick.

Saat berada di Sarinah, Megawati mengaku senang bisa melihat bangunan bersejarah tersebut tampil lebih baik dan indah setelah direnovasi.

Bahkan, Megawati bersyukur karena relief dengan tampilan para penjaja dan pelapak yang berjuang mencari nafkah, kembali ditampilkan di Sarinah.

“Pak Erick ingin menunjukkan kepada saya sejak 1,5 tahun lalu kalau Sarinah itu telah selesai renovasi. Sehingga saya bilang akan melihat sebelum diresmikan Jokowi. Jadi tadi ditunjukan beberapa floor (lantai). Menurut saya, sangat bagus, sangat indah karena memiliki makna-makna tersendiri,” ujarnya.

“Terutama dipasangnya kembali relief yang ternyata setelah Bung Karno turun tidak jadi presiden, sepertinya relief itu "disembunyikan". Alhamdulillah ditemukan kembali.”



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x