Kompas TV nasional peristiwa

Bendungan Semantok Bisa Tampung 30,26 Juta Meter Kubik, Disebut Mampu Mengairi 1.900 Hektare Sawah

Kompas.tv - 20 Desember 2022, 14:53 WIB
bendungan-semantok-bisa-tampung-30-26-juta-meter-kubik-disebut-mampu-mengairi-1-900-hektare-sawah
Bendungan Semantok yang berada di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. (Sumber: Youtube Sekretariat Presiden)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

NGANJUK, KOMPAS.TV - Bendungan Semantok diresmikan Presiden Joko Widodo, Selasa (20/12/2022) siang ini. Bendungan yang berada di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur itu menelan biaya hingga Rp2,5 triliun dan dibangun sejak 2017.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, pada siang hari ini Bendungan Semantok Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur saya nyatakan dibuka secara resmi," ujar Jokowi dalam siaran Sekretariat Presiden.

Kepala Negara mengungkapkan daya tampung Bendungan Semantok mencapai 30,26 juta meter kubik air. Daya tampung yang besar itu disebut bisa mengairi 1.900 hektare sawah.

Baca Juga: Semantok, Bendungan ke-30 yang Diresmikan Pemerintah Sejak 2015

"Inilah yang kita harapkan nantinya dengan bendungan ini mestinya yang di bawah yang nantinya terairi, kalau biasanya panen sekali, bisa panen dua kali kalau biasanya panen dua kali, bisa panen tiga kali," jelas Jokowi.

Ia berharap dengan diresmikannya bendungan ini bisa membantu dan bermanfaat bagi petani yang ada di Nganjuk hingga Jawa Timur.

Selain itu, Jokowi menambahkan bendungan ini menjadi yang ke-30 diresmikan oleh pemerintah sejak 2015 silam. 

Nantinya ada 50-60-an bendungan yang dibangun pemerintah sejak 2015 hingga akhir 2024 nanti.

Jokowi juga mengungkapkan filosofi air yang merupakan kunci bagi petani. Air tersebut juga berguna bagi pariwisata dan kehidupan.

Baca Juga: Jokowi akan Gowes 1,2 Km dan Berdialog dengan Petani di Bendungan Semantok Jawa Timur

"Kita tahu, apa pun, air adalah kunci. Baik untuk pertanian maupun untuk hal-hal yang lain, listrik, pariwisata dan semuanya," kata Jokowi.

Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi ketika meresmikan bendungan ini. Selain itu tampak juga Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. 

Kemudian Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi.

Dilaporkan Kompas.com, Bendungan Semantok disebut sebagai bendungan terpanjang di Asia Tenggara karena panjang mercu bendungannya mencapai 3.100 meter.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x