Kompas TV nasional hukum

Pengamat: CCTV Buktikan Sambo Tak Pakai Sarung Tangan Hitam, Pengaruhi Penilaian Hakim untuk Eliezer

Kompas.tv - 20 Desember 2022, 17:06 WIB
pengamat-cctv-buktikan-sambo-tak-pakai-sarung-tangan-hitam-pengaruhi-penilaian-hakim-untuk-eliezer
Terdakwa Ferdy Sambo melambaikan tangan setelah memasuki ruang sidang. (Sumber: ADRYAN YOGA PARAMADWYA/KOMPAS)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pakar Hukum Pidana Universitas Al Azhar Ahmad Suparji menilai tayangan CCTV yang menunjukkan Ferdy Sambo tidak menggunakan sarung tangan hitam akan mempengaruhi penilaian hakim terhadap terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E.


 

Sebagaimana persidangan sebelumnya, Richard Eliezer sempat mengatakan dia melihat Ferdy Sambo menggunakan sarung tangan hitam saat di lantai 3 rumah Jl Saguling dan ketika peristiwa penembakan Brigadir Pol Nofriansyah Yosua Hutabarat di ruman Jl Duren Tiga.

“Ini akan mempengaruhi (penilaian hakim), karena yang bersangkutan semestinya mengatakan yang sebenarnya,” ucap Ahmad Suparji dalam program Indonesia Update KOMPAS TV, Selasa (20/12/2022) menilai persidangan kasus pembunuhan berencana dengan terdakwa Ferdy Sambo.

Baca Juga: Febri Diansyah: Kebohongan Richard Eliezer Rontok, Ferdy Sambo Tak Pakai Sarung Tangan Hitam

Bukan hanya itu, Ahmad Suparji juga mengatakan, perbedaan keterangan Richard Eliezer soal Ferdy Sambo dengan bukti CCTV juga merugikan posisinya sebagai Justice Collaborator yang seharusnya berkata jujur.

“Ini tentu akan kontraproduktif dalam upaya dia mengambil posisi sebagai Justice Collaborator  dan sangat merugikan bagi yang bersangkutan sekiranya menyampaikan yang berbeda dengan apa yang ada dalam fakta itu,” ujar Ahmad Suparji.

Sebelumnya dalam persidangan diputarkan rekaman CCTV yang menunjukkan peristiwa di rumah Jl Saguling dan di depan rumah Jl Duren Tiga No 46.

Dalam tayangan tersebut, membuka teka teki yang selama ini menjadi tanda tanya besar dalam kasus tewasnya Yosua, yakni perihal sarung tangan hitam.

Baca Juga: Dari Tayangan CCTV di Sidang, Ferdy Sambo Tidak Pakai Sarung Tangan Hitam Sebelum Yosua Tewas

Ferdy Sambo tidak nampak menggunakan sarung tangan hitam saat keluar dari rumah pribadinya di Jl Saguling.

Melihat tayangan tersebut, Penasihat Hukum Ferdy Sambo, Arman Hanis langsung merespons dengan mengatakan jika rekaman CCTV tersebut membuktikan keterangan Richard Eliezer Pudihang Lumiu soal kliennya menggunakan sarung tangan hitam tidak benar.

“Zoom, ini membuktikan keterangan Richard yang menyampaikan bahwa Pak Sambo turun pakai sarung tangan …,” ucap Arman Hanis tanpa menyelesaikan kalimat karena dipotong Hakim dan Jaksa.

Ketua Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso menyampaikan kepada Arman Hanis jika pihaknya punya waktu untuk menyampaikan pendapat nanti.

Baca Juga: Lihat Tayangan CCTV di Sidang Ferdy Tak Pakai Sarung Tangan Hitam, Ini Respons Richard Eliezer

“Nanti, nanti mempunyai kesempatan sendiri,” ujar Hakim.

Hakim kemudian meminta Ahli Digital Forensik Heri Priyanto kembali melanjutkan untuk memutar tayangan rekaman CCTV dari rumah Jl Saguling. Tidak hanya CCTV di rumah Jl Saguling, Ahli Digital Forensik juga memutar CCTV di depan rumah Jl Duren Tiga.

Berdasarkan CCTV di depan rumah Duren Tiga, Ferdy Sambo tidak terlihat menggunakan sarung tangan hitam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x