Kompas TV nasional peristiwa

Polda Metro Jaya Kerahkan Tim untuk Selidiki Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Kompas.tv - 6 Maret 2023, 05:25 WIB
polda-metro-jaya-kerahkan-tim-untuk-selidiki-kebakaran-depo-pertamina-plumpang
Petugas berusaha memadamkan api yang membakar rumah warga imbas kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta utara, Jumat (3/3/2023). (Sumber: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polda Metro Jaya menyebut telah mengerahkan tim gabungan yang berjumlah 25 personel untuk menyelidiki titik awal sumber api yang menjadi penyebab kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, pada Jumat (3/3/23) malam lalu.

"Saat ini masih proses penyelidikan, sementara ini tim yang sedang bekerja dari gabungan Pusinafis dan Puslabfor dan Polda Metro Jaya, " kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Minggu (5/3/2023), dikutip dari Antara.

Trunoyudo menjelaskan tim itu terdiri atas personel dari Pusat Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Pusinafis), Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) dan Kedokteran Kepolisian (Dokpol).

Baca Juga: PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono akan Melakukan Evaluasi Depo Pertamina Plumpang

"Tujuan utamanya untuk mencoba melihat mencari titik api sumber utama sehingga bisa mengetahui apa penyebab dan kemudian nantinya akan dibuat suatu sketsa TKP," katanya.

Selain itu kepolisian juga menggunakan pesawat nirawak (drone) yang untuk merekam TKP secara khusus dan umum.

"Sehingga dalam proses penyelidikan ini bisa melihat apakah ada kelalaian, kesengajaan, apakah juga karena bencana alam," katanya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyebutkan, pihaknya masih menelusuri sumber api pada kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara.

"Kita telusuri sumber apinya juga dari mana. Secara teknis tim sedang melaksanakan investigasi," kata Kapolri di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (4/3).

Dia mengungkapkan dugaan kuat penyebab kebakaran Depo Pertamina Plumpang sudah ada. Namun pihaknya tidak mau buru-buru menyimpulkan dan mengungkapkan ke publik terkait penyebab kebakaran tersebut.

Baca Juga: Tak Hanya Depo Plumpang, Pertamina Diminta Audit Seluruh Fasilitas


 



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x