Kompas TV nasional rumah pemilu

Ini Kriteria Cawapres dari Ganjar Pranowo: Open Minded hingga Teguh terhadap Konstitusi

Kompas.tv - 24 April 2023, 05:05 WIB
ini-kriteria-cawapres-dari-ganjar-pranowo-open-minded-hingga-teguh-terhadap-konstitusi
Ganjar Pranowo mengungkapkan detik-detik sebelum Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri umumkan capres, Minggu (23/4/2023) di Kompas Petang, Kompas TV. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV/Nadia Intan F.)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah sekaligus bakal calon presiden (capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Ganjar Pranowo, menyebutkan beberapa kriteria calon wakil presiden (cawapres) yang sesuai untuk mendampingi dirinya di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Ganjar setidaknya menyebutkan delapan kriteria cawapres yang diharapkannya dapat bersama-sama maju di Pilpres 2024 mendatang.

"Tentu saja sevisi, semisi, seideologis, bisa bekerja sama, kemudian dari seluruh agenda persoalan bangsa, kita sepakat untuk mengawal," kata Ganjar saat ditanya di program Kompas Petang, Kompas TV, Minggu (23/4/2023).

"Itu yang menurut saya paling penting," tegas pria yang lahir di Karanganyar, Jawa Tengah, pada 1968 ini.

Ia pun menambahkan, kriteria cawapres yang diharapkannya juga harus berpikiran terbuka (open minded), dekat dengan rakyat, dan teguh pada konstitusi.

"Sosok yang bisa bekerja sama, open minded, dekat dengan rakyat, orang yang kokoh pada konstitusi, yang kita harapkan kemudian akan bisa membawa republik ini tanpa sekat-sekat, sehingga tidak membawa isu-isu atau jargon-jargon yang kemudian menyakiti kelompok-kelompok di Indonesia," jelasnya.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Ungkap Detik-Detik Sebelum Megawati Umumkan Bakal Calon Presiden PDI-P

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan setidaknya tujuh nama yang potensial menjadi cawapres Ganjar saat ditanya wartawan usai salat Idulfitri 1444 hijriah di Masjid Sheikh Zayed Solo, Sabtu (22/4)

"Kok tanya saya, banyak. Ada Pak Erick, Pak Sandiaga Uno, Pak Mahfud, Pak Ridwan Kamil, Cak Imin, dan Pak Airlangga," kata Presiden Jokowi.

Lalu, saat ditanya wartawan soal kemungkinan Prabowo Subianto juga mendampingi Ganjar, Jokowi kembali menyebutkan nama Ketua Umum Partai Gerindra itu.

"Termasuk Pak Prabowo," kata orang nomor 1 di Indonesia itu.

Menurut Ganjar, tujuh nama tersebut adalah nama-nama yang sering diperbincangkan masyarakat maupun lembaga survei politik.

Baca Juga: Prabowo Bersikeras Tetap Nyapres , Pakar: Peluang Jadi Cawapres Ganjar Masih Terbuka

"Saya kira dari tokoh itu, atau di luar tokoh itu, saya kira ada banyak sekali kader-kader bangsa yang mumpuni untuk itu. Maka biarlah nama-nama itu muncul," jelas Ganjar.

Menurut Ganjar, partailah yang akan mengevaluasi, menilai, serta memutuskan cawapres yang akan mendampinginya.

"Tapi bagaimana penggodokannya nanti biar dilakukan komunikasi assesment sampai menuju keputusan oleh partai," imbuhnya.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x