Kompas TV nasional rumah pemilu

Demokrat: Bakal Cawapres Anies Tak Boleh Miliki Rekam Jejak Masalah Hukum

Kompas.tv - 21 Juli 2023, 14:19 WIB
demokrat-bakal-cawapres-anies-tak-boleh-miliki-rekam-jejak-masalah-hukum
Anies Baswedan saat tiba di Kota Surabaya, Jumat (17/3/2023). DPP Partai Demokrat berharap bakal cawapres Anies tidak memiliki rekam jejak masalah dan berpotensi terkena kasus hukum. (Sumber: Twitter: @aniesbaswedan)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - DPP Partai Demokrat berharap bakal cawapres Anies Baswedan tidak memiliki rekam jejak masalah dan berpotensi terkena kasus hukum bila nanti terpilih sebagai pendamping Anies di Pilpres 2024. 

"Kami ingin menyampaikan kalau benar, bakal capres Anies Baswedan sudah menyampaikan kepada Tim 8 dan ketum parpol Koalisi Perubahan bahwa beliau membutuhkan bakal cawapres yang rekam jejaknya bebas dari potensi terkena kasus hukum," kata Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra kepada wartawan, Jumat (21/7/2023).

Ia menjelaskan, pihaknya setuju dengan keinginan Anies yang menambah satu kriteria lagi dari lima kriteria yang sudah tercantum di Piagam Perubahan dalam menentukan bakal cawapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan, yaitu kriteria nol. Dalam artiannya, tidak memiliki rekam jejak masalah. 

Baca Juga: Luhut Akui Keretakan Hubungan Jokowi dan Surya Paloh karena Nasdem Usung Anies di Pilpres 2024

"Kami pun mendukung penuh kriteria ini karena selaras dengan semangat perjuangan perubahan dan perbaikan. Membersihkan rumah Indonesia ini harus dengan sapu yang bersih. Bukan sapu yang bermasalah, atau bisa tersandera kasus," ujarnya. 

Menurut dia, dengan mengusung konsep perubahan dan perbaikan, dibutuhkan fondasi yang kuat untuk berlaga di Pilpres 2024.

"Perubahan dan perbaikan memerlukan tulang punggung perubahan yang kuat, kokoh, mandiri, independen, bebas dari masalah. Untuk memastikan perjuangan perubahan dan perbaikan bisa terwujud. Untuk Indonesia yang lebih baik," katanya. 

Sempat beredar informasi Anies akan mengumumkan calon pendampingnya tersebut usai menunaikan ibadah haji. 

Namun, hingga saat ini mantan gubernur DKI Jakarta itu belum juga mengumkan nama bakal cawapres yang ia pilih untuk mendampinginya di pesta demokrasi lima tahunan tersebut. 

Informasi soal rencana pengumuman bakal cawapres Anies dikonfirmasi Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS Muzzammil Yusuf. 

Baca Juga: Jokowi Sempat Tanya soal Cawapres, Surya Paloh: Urusannya Pak Anies Itu

Ia juga diketahui sebagai anggota Tim 8 Koalisi Perubahan untuk Persatuan. 

“Sepulang dari haji, insyaallah beliau akan umumkan (cawapres)," ujar Muzzammil saat dimintai konfirmasi, Jumat, 23 Juni 2023.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x