Kompas TV nasional peristiwa

Gelar Upacara Kemerdekaan RI Dipimpin Nurul Ghufron, KPK Pastikan Kawal Pembangunan dan Pemerintahan

Kompas.tv - 17 Agustus 2023, 17:26 WIB
gelar-upacara-kemerdekaan-ri-dipimpin-nurul-ghufron-kpk-pastikan-kawal-pembangunan-dan-pemerintahan
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menyebut KPK memastikan bakal mengawal gerak pembangunan dan pemerintahan untuk mewujudkan Indonesia maju. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan bakal mengawal gerak pembangunan dan pemerintahan untuk mewujudkan Indonesia maju.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron saat bertugs sebagai inspektur dalam upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis (17/8/2023).

Upacara tersebut mengambil tema ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’, dan dilaksanakan di halaman Gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

“Indonesia maju hanya akan terwujud jika Indonesia bebas korupsi, di sinilah peran KPK mengawal dan memastikan gerak pembangunan dan pemerintahan mewujudkan Indonesia maju,” kata Ghufron, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Kompas.TV.

KPK juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menggelorakan semangat perjuangan bangsa yang belum sepenuhnya berakhir.

Baca Juga: Profil Komandan Upacara Penurunan Bendera 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka Jakarta

Dijelaskan bahwa pemberantasan korupsi masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dan diperangi bersama-sama.

Ghufron juga menyebut bahwa peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 ini menjadi hari yang penuh makna.

Momen spesial bagi kita sebagai bangsa untuk merayakan perjuangan dan pengorbanan para pahlawan kita dalam merebut kemerdekaan dari penjajahan.

"Kemerdekaan yang telah para pahlawan raih adalah jembatan emas menuju keadilan dan kemakmuran, untuk itu mari kita teruskan perjuangan para pahlawan," pesannya.

Upacara yang dimulai pada pukul 07.00 WIB ini dihadiri seluruh insan komisi, dengan mengenakan berbagai pakaian adat daerah yang merepresentasikan kebhinekaan adat dan budaya Indonesia.

Baca Juga: Keyla Azzahra Purnama, Pembawa Baki di Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka

"Kita jadikan Merah Putih sebagai semangat kita untuk memberantas korupsi demi Indonesia yang adil makmur. Adil dalam kemakmuran, makmur dalam keadilan," kata Ghufron.

Sebagai rangkaian dari peringatan HUT RI, KPK juga telah melaksanakan sejumlah lomba yang digelar sejak Rabu (9/8) sampai Selasa (15/8).


 

Adapun lomba yang diperebutkan para kontingen yakni lomba balap karung, estafet tepung, makan kerupuk, memecahkan balon, puisi, cerdas cermat, pakaian acak, serta menyanyikan lagu daerah.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x