Kompas TV nasional hukum

Polri Kerahkan Tim Propam Usut Kematian Brigadir Setyo yang Tertembak di Rumah Dinas Kapolda Kaltara

Kompas.tv - 25 September 2023, 07:15 WIB
polri-kerahkan-tim-propam-usut-kematian-brigadir-setyo-yang-tertembak-di-rumah-dinas-kapolda-kaltara
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan dalam konferensi pers mengenai perkembangan sejumlah kasus, di Jakarta, Kamis (22/6/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mabes Polri turun tangan menyelidiki peristiwa tewasnya anggota polisi bernama Brigadir Setyo Herlambang yang merupakan pengawal pribadi Kapolda Kalimantan Utara Irjen Daniel Aditya Jaya.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) DivHumas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan Mabes Polri menurunkan tim dari Divisi Profesi dan Pengamanan (DivPropam) untuk turun ke Polda Kaltara.

Tim Propam Mabes Polri ini, kata dia, turun langsung untuk memberikan asistensi kepada Propam Polda Kaltara terkait pengusutan kasus tewasnya Setyo Herlambang yang disebut karena lalai saat membersihkan senjata hingga tertembak mengenai dada kirinya.

Baca Juga: Analisis Dokter Forensik soal Kematian Pengawal Kapolda Kaltara di Rumah Dinas

Jenderal bintang satu itu menegaskan pengerahan Tim Propam Mabes Polri di Kaltara itu dalam rangka mengawasi dan memastikan proses penanganan kasus tersebut berjalan sesuai aturan.

"Tim dari DivPropam Mabes Polri turun dalam rangka asistensi Bid Propam Polda Kaltara dalam rangka melakukan pengawasan dan memastikan proses penanganan kasus tersebut berjalan sesuai SOP dan aturan yang berlaku," kata Ramadhan di Jakarta, Minggu (25/9/2023).

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebelumnya telah memerintahkan Kapolda Kaltara Irjen Daniel Aditya Jaya untuk menggunakan scientific crime investigation dalam mengusut kasus tewasnya Brigadir Setyo Herlambang.

Selain itu, Kapolri juga memerintahkan Bareskrim Polri, Puslabfor dan dokter-dokter forensik Polri untuk ikut mendukung penyelidikan tersebut.

Dengan begitu, lanjutnya, hasil penyelidikan dan penyidikan dapat betul-betul bisa dipertanggungjawabkan ke publik dan terutama kepada pihak keluarga korban.

Baca Juga: Pengawal Kapolda Kaltara Tewas Karena Kelalaian, Mantan Kabareskrim: Harus Ada Bukti Pendukung

"Yang jelas sudah saya perintahkan kepada Pak Kapolda, terkait peristiwa yang terjadi betul-betul diusut secara cermat secara tuntas,” ujar Listyo.

“Manfaatkan scientific crime investigation atau SCI yang kita miliki sehingga kemudian hasil-hasilnya betul-betul bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.”

Sebelumnya, seorang personel Polda Kalimantan Utara (Kaltara) bernama Brigpol Setyo Herlambang ditemukan tewas di kamar rumah dinas ajudan Polda Kaltara di Tanjung Selor, Bulungan, Jumat (22/9) sekitar pukul 13.10 Wita. Korban tewas disebut karena kelalaiannya saat membersihkan senjata api.

Kapolda Kaltara Irjen Pol. Daniel Aditya Jaya mengatakan Brigadir Setyo Herlambang bertugas sebagai pengawal pribadi bukan ajudannya.


Sementara itu, Kabid Humas Polda Kaltara Kombes Pol. Budi Rachmat menegaskan Brigpol Setyo meninggal bukan karena bunuh diri.

Baca Juga: Tegas! Kapolri Perintahkan Pengusutan Tuntas Kematian Brigadir Setyo, si Pengawal Kapolda Kaltara

"Bukan bunuh diri, dugaan sementara korban sementara membersihkan senjata api jadi akibat kelalaian," kata Budi.

Adapun almarhum Brigadir Setyo Herlambang menjabat sebagai Banit 3 Subden 1 Den Gegana Satuan Brimob Polda Kaltara yang rencananya jenazah akan dikebumikan di kampung halamannya di Semarang, Jawa Tengah.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x