Kompas TV nasional politik

Satukan Prabowo dan Ganjar, PPP: Sulit, Konsolidasi Sudah Terkonsentrasi 3 Poros

Kompas.tv - 28 September 2023, 09:41 WIB
satukan-prabowo-dan-ganjar-ppp-sulit-konsolidasi-sudah-terkonsentrasi-3-poros
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berpelukan di tengah sesi acara Belajaraya 2023 di Pos Bloc, Jakarta, Sabtu (29/7/2023). (Sumber: Fakhri Fadlurrohman/Kompas.id)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Juru Bicara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Ahmad Baidowi menuturkan bahwa menyatukan poros Prabowo Subianto dan Ganjar Prabowo ataupun sebaliknya adalah hal yang sangat sulit dilakukan.

Menurut Baidowi, poros-poros yang terbentuk saat ini sudah terkonsentrasi memenangkan calonnya di Pilpres 2024.

Demikian Ahmad Baidowi dalam pernyataannya di Sapa Indonesia Pagi KompasTV, Kamis (28/9/2023).

“Apakah menjadi dua poros, apalagi ada wacana menyatukan Pak Prabowo dan Ganjar ataupun Pak Ganjar dan Prabowo yang menurut kacamata kami itu sesuatu yang sudah sangat sulit hari ini,” ucap Baidowi.

“Karena poros koalisi, konsolidasi koalisi sudah terkonsentrasi ketiga poros.”

Baca Juga: Grace Natalie Ingat Pesan Jokowi soal Dukung Capres-Cawapres: Banyak Drama Politik, Jadi Tunggu

Baidowi lebih lanjut meyakini kalau pun ada perubahan dari 3 poros menjadi 2 poros itu berarti yang dimaksud adalah poros Ganjar dan poros Prabowo. Sebab, wacana 2 poros diletupkan pertama kali oleh Waketum PKB Jazilul Fawaid, bukan dari pihak Ganjar atau pun Prabowo.

“Kalau pun kemudian 2 porosnya misalkan, karena yang menyampaikan dua poros itu diletupkan oleh Waketumnya Pak Daniel yaitu Pak Jazilul (Jazilul Fawaid), ya saya nggak tahu apakah porosnya Pak Pak Daniel itu akan terus atau tidak,” kata Baidowi.


“Kalau tidak terus, berarti dua poros yang dimaksud porosnya Ganjar dan porosnya Prabowo.”

Sebab aktualiasinya, lanjut Baidowi, pihaknya kemarin sudah membahas bagaimana cara memenangkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

“Soal kemudian ada dinamika yang berkembang di luar, ya kalaupun itu dibahas hanya menjadi catatan pinggir itu, bahwa isu-isu di luar seperti ini, tetapi bukan menjadi isu utama yang kita bahas,” ujar dia.

Baca Juga: Burhanuddin Muhtadi: Kaesang Jabat Ketum PSI, Langkah Politik Jokowi Tidak Semata Diwakili PDI-P

“Karena kita fokus pemantapan tim pemenangan nasional yang dipimpin oleh Pak Arsjad Rasjid bagaimana melakukan kerja-kerja tekukur untuk bisa memenangkan Pak Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 mendatang.”

Jelang Pilpres 2024, mengemuka di ruang publik 3 poros kekuatan yang akan berebut suara rakyat. Poros pertama, ada pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Kedua, ada Prabowo Subianto yang masih menggodok cermat siapa cawapresnya di Pilpres 2024. Kemudian ketiga, ada Ganjar Pranowo yang juga belum menentukan siapa cawapresnya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x