Kompas TV nasional peristiwa

Hadiri Upacara Kesaktian Pancasila 2023, Mahfud MD Sebut Pelaksanaan Sila ke-2 dan 5 Masih Lemah

Kompas.tv - 1 Oktober 2023, 11:05 WIB
hadiri-upacara-kesaktian-pancasila-2023-mahfud-md-sebut-pelaksanaan-sila-ke-2-dan-5-masih-lemah
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD usai mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023 di Monumen Pancasila Sakti, Minggu (1/10/2023). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menjadi salah satu menteri yang hadir dalam upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023 di Monumen Pancasila Sakti, Minggu (1/10/2023).

Di Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023 ini, Mahfud MD mengatakan tema tahun ini merupakan sila ke-3, yakni "Persatuan Indonesia". Menurutnya, sila ke-3 butir Pancasila itulah sila yang paling kuat.

"Persatuan Indonesia itu sebenarnya merupakan sila yang selama ini paling kuat dan selalu menjaga keselamatan kita," kata Mahfud MD usai pelaksaan upacara Kesaktian Pancasila, dikutip dari laporan jurnalis Kompas TV Rangga, Minggu (1/10/2023).

Kendati demikian, Mahfud juga berpendapat bahwa saat ini ada butir-butir Pancasila yang penerapannya masih lemah, yakni sila ke-2 yang berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab serta sila ke-5 Pancasila yang berbunyi Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Baca Juga: Puan Maharani Ungkap Tantangan PDIP Hadapi Pilpres 2024, Soroti Beragam Dinamika Politik

"Dari 5 Pancasila itu yang masih agak lemah adalah Kemanusiaan yang adil dan beradab dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, itu masih lemah di dalam pelaksanaannya karena menghadapi problema-problema," ucap Mahfud.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat untuk kembali memperkuat pelaksaan butir-butir Pancasila, terlebih menjelang tahun politik.

Menurutnya, di tahun politik biasanya akan muncul bibit-bibit perpecahan, permusuhan, hingga kampanye gelap. Sebab itulah, masyarakat perlu memperkuat persatuan.

"Nah, kita jaga persatuan bahwa kita pemilu ini mau memilih pemimpin, bukan mencari musuh," tuturnya.

Mahfud mengimbau masyarakat seluruh Indonesia memilih pemimpin, baik Presiden, DPR, DPRD hingga DPD sebaik-baiknya.

"Melalui semangat bersatu untuk menjaga keberlangsungan negara kesatuan Republik Indonesia," tutup Mahfud.


Sebagai informasi, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023 digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur pada Minggu pagi pukul 08.00 WIB.

Baca Juga: Momen Iriana Terkejut Saat Paspampres Nyanyikan Lagu Ulang Tahun di Istana

Upacara dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Ketua DPD RI Lanyalla Mattalitti bertugas membacakan teks Pancasila, Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945 dilakukan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, sementara Ketua DPR RI Puan Maharani bertugas membacakan dan menandatangani ikrar.

"Untuk mengenang jasa para pahlawan dan para pejuang bangsa, utamanya Pahlawan Revolusi, mengheningkan cipta dimulai," kata Presiden Jokowi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara saat prosesi mengheningkan cipta.

Upacara turut dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM), di antaranya Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, hingga Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x