Kompas TV nasional rumah pemilu

Nama Mahfud MD Menguat Jelang Cawapres Ganjar Diumumkan, Tokoh NU Madura: Belum Bisa Dipastikan

Kompas.tv - 18 Oktober 2023, 08:53 WIB
nama-mahfud-md-menguat-jelang-cawapres-ganjar-diumumkan-tokoh-nu-madura-belum-bisa-dipastikan
Menkopolhukam Mahfud MD saat jumpa pers terkait pembentukan Tim Percepatan Reformasi Hukum di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (9/6/2023). Mahfud MD disebut akan menjadi cawapres Ganjar Pranowo.  (Sumber: YouTube Kemenko Polhukam)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) asal Madura, Islah Bahrawi angkat bicara soal isu nama Menko Polhukam Mahfud MD menguat jadi bakal cawapres Ganjar Pranowo.

Islah mengaku sudah bertemu dengan Mahfud MD di kediamannya di Jalan Denpasar Raya, Kuningan, Jakarta, Selasa (17/10/2023) malam. Ia bertemu selama dua jam untuk mengonfirmasi isu tersebut.

Ia mengatakan bahwa Mahfud MD belum dapat memastikan kebenaran akan dirinya menjadi bakal cawapres Ganjar sebelum pendaftaran capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Baca Juga: Jelang Pengumuman Cawapres Ganjar, Mahfud MD Kunjungi Rumah Dinas Ma’ruf Amin

“Hanya mengonfirmasi ke Pak Mahfud, apa ini akan betul isu ini menjadi cawapres. Pak Mahfud bilang, ‘Ya kalau belum daftar ke KPU, saya enggak bisa memastikan’,” kata Islah, dikutip dari Kompas.com.

Islah juga menanggapi foto Mahfud MD bersama Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri yang disebut terjadi di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar pada Selasa kemarin.

Sayangnya, ia enggan memaknai foto tersebut sebagai konfirmasi Mahfud MD cawapres Ganjar.

“Kita enggak tahu lah, kita jangan berandai-andai,” ujar Islah.

Terakhir, ia meminta doa agar Mahfud MD tidak mengalami hal yang sama seperti momentum Pilpres 2019, di mana Mahfud MD pernah diisukan akan menjadi bakal cawapres Jokowi.

“Karena Pak Mahfud pernah mengalami hal yang sama, last minute kemudian ternyata dianulir (tak jadi cawapres pada detik detik pendaftaran Pilpres 2019)," ucap Islah, sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

"Nah ini kita yang tidak mau mengalami kejadian yang sama, jadi Pak Mahfud juga enggak bisa memastikan, yang jelas sampai betul-betul fix pendaftaran ke KPU baru itu kepastiannya," tambahnya.

Baca Juga: Hari Ini! Cawapres Ganjar Pranowo akan Diumumkan, Inisial M

Sebagai informasi, nama Mahfud MD pun digadang-gadang menjadi bakal cawapres Ganjar Pranowo usai Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Hanura Benny Rhamdani yang menyebutkan bahwa cawapres Ganjar memiliki inisial M.

Adapun, pengumuman cawapres Ganjar Pranowo akan digelar hari ini di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, pada pukul 10.00 WIB. Cawapres Ganjar akan diumumkan langsung oleh Megawati Soekarnoputri.


 



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x