Kompas TV nasional rumah pemilu

Demokrat Pastikan Tak Akan Hengkang dari KIM Siapapun Bakal Cawapres yang Dipilih

Kompas.tv - 20 Oktober 2023, 07:39 WIB
demokrat-pastikan-tak-akan-hengkang-dari-kim-siapapun-bakal-cawapres-yang-dipilih
Juru bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra di DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (29/9/2022). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - DPP Partai Demokrat memastikan partainya tak akan keluar dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Prabowo Subianto sebagai bakal capres di Pilpres 2024. 

Adapun KIM saat ini terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Garuda dan Partai Gelora. 

Juru bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Prabowo untuk memilih calon pendampingnya di pesta demokrasi nanti. 

Baca Juga: Demokrat Pastikan AHY Hadir di Pertemuan Ketum Parpol Pro Prabowo Malam Ini

"Mengusung Pak Prabowo sebagai (bakal) capres. Kewenangan menentukan (bakal) cawapres menurut kami ada di Pak Prabowo. Kami hanya sebatas memberikan pandangan dan masukan," kata Herzaky kepada wartawan, Jumat (20/10/2023). 

"Berjuang total untuk memenangkan Pak Prabowo siapapun (bakal) cawapres yang dipilih Pak Prabowo. Sederhananya, Demokrat tidak akan geser satu senti meter pun dari Pak Prabowo sebagai (bakal) capres," ujarnya. 

Herzaky meyakini Prabowo bakal memilih figur calon pendampingnya yang tepat dan bisa membawa kemenangan. 

"Kami meyakini, beliau akan memilih sendiri (bakal) cawapres yang diinginkannya. Inilah perbedaan Pak Prabowo dengan capres-capres lain. Beliau sosok capres yang mandiri," katanya. 

Ia menyatakan, kabar partainya akan keluar dari KIM itu merupakan informasi hoaks. 

"Hoaks dan fitnah terkait isu yang menyebutkan Demokrat bakal bergeser dari KIM jika Pak Prabowo memilih cawapres tertentu. Mari kita isi ruang publik dengan narasi mendidik dan bermanfaat untuk masyarakat." 

"Mari setop hoaks dan fitnah. Terima kasih untuk teman-teman media yang sudah meminta konfirmasi ke kami terkait banyaknya hoaks yang beredar," katanya. 

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani pun membocorkan ciri-ciri bakal cawapres pendamping Prabowo.

Baca Juga: Prabowo Janji Bakal Wakafkan Sisa Hidupnya untuk Rakyat Indonesia

Lewat pantun yang dilontarkan, Muzani menyebut sosok pasangan Prabowo adalah anak muda dan berpengalaman di pemerintahan.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x