Kompas TV nasional rumah pemilu

Kompak Berkemeja Biru, Prabowo-Gibran Tiba di RSPAD Gatot Soebroto untuk Jalani Tes Kesehatan

Kompas.tv - 26 Oktober 2023, 07:55 WIB
kompak-berkemeja-biru-prabowo-gibran-tiba-di-rspad-gatot-soebroto-untuk-jalani-tes-kesehatan
Pasangan bakal Capres dan Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memberi pidato di Indonesia Arena sebelum menuju KPU untuk mendaftar sebagai pasangan calon (Paslon) presiden dan wakil presiden di KPU, Rabu (25/10/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bakal pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Jakarta, Kamis (26/10/2023).

Prabowo dan Gibran datang bersama dalam satu mobil. Keduanya mengenakan baju warna senada, yakni biru tua. Tampak istri Gibran, Selvi Ananda yang menemani. 

Tak lama kemudian, Prabowo dan Gibran berganti pakaian dan sempat menyapa awak media sebelum masuk kembali ke dalam gedung RSPAD Gatot Soebroto.

Baca Juga: Pengamat Beberkan 3 Hal yang Harus Dihadapi Pasangan Prabowo-Gibran, Ada Soal Isu Politik Dinasti

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengatakan bahwa hari ini merupakan hari terakhir pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon..

“Hari ini dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap bacapres Prabowo dan bacawapres Gibran,” kata Hasyim di RSPAD Gatot Soebroto.

Ia mengatakan bahwa pihak RSPAD Gatot Soebroto akan menyampaikan hasil pemeriksaan ketiga paslon ke KPU besok Jumat (27/10).

Sementara itu, Kepala RSPAD Albertus Budi Sulistya menegaskan bahwa standar pemeriksaan, tim yang memeriksa, dan alat kesehatan yang digunakan sama dengan bakal paslon lain.

Budi bilang bahwa Prabowo dan Gibran akan menjalani tes kesehatan hingga sore hari karena rangkaian pemeriksaan kesehatan yang cukup banyak.

“Rangkaian pemeriksaan 8-10 jam, lalu setelah seluruh rangkaian pemeriksaan kesehatan maka nanti sore Prabowo dan Gibran akan sampaikan konferensi pers,” ucap Budi.

Baca Juga: Tanggapi Keraguan atas Pasangan Prabowo-Gibran, Luhut Sebut Teringat Jokowi yang Awalnya Diremehkan

Rangkaian tes kesehatan bakal pasangan calon tersebut, di antaranya CT scan, diagnostik, pemeriksaan pembuluh darah dalam jantung, tes fungsi organ keseluruhan, tes pembuluh darah, MRI, mengukur kapasitas paru-paru, tes treadmill, USG, wawancara untuk mendiagnosa gangguan mengatasi masalah, serta dan tes narkoba.


Sebelumnya, Prabowo dan Gibran mendaftar sebagai bakal pasangan capres-cawapres ke KPU, kemarin Rabu (25/10/2023). KPU menyatakan berkas pendaftaran lengkap dan masuk ke tahap verifikasi.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x