Kompas TV nasional peristiwa

Peringatan BMKG, Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang di Wilayah Ini Jumat 24 November

Kompas.tv - 24 November 2023, 10:16 WIB
peringatan-bmkg-waspadai-hujan-lebat-dan-angin-kencang-di-wilayah-ini-jumat-24-november
Warga DKI Jakarta berjalan di tengah hujan. BMKG menyampaikan peringatan dini cuaca ekstrem berupa hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di sejumlah lokasi. (Sumber: Kompas TV/Ant/Aditya Pradana Putra)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan tentang adanya potensi hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia hari ini Jumat (24/11/2023).

Hujan ini diprediksi memiliki intensitas lebih dari 50 milimeter. Selain itu, angin kencang dengan kecepatan lebih dari 45 kilometer per jam juga diperkirakan akan terjadi.

Wilayah yang perlu mewaspadai fenomena ini termasuk Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca DKI Jakarta Hari Ini Jumat 24 November 2023: Waspadai Hujan Petir di Siang dan Malam

Daerah lain seperti Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua juga tidak luput dari potensi cuaca ekstrem ini.

Beberapa daerah seperti Aceh, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara dan Kalimantan Selatan juga diprediksi akan mengalami terjangan angin kencang.

Baca Juga: Diterjang Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Sejumlah Kendaraan di Pangkep

Selain itu terdapat juga potensi badai disertai kilat dan petir di berbagai daerah, mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

Kemudian juga daerah Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Maluku dan Papua Barat.

Baca Juga: Mahkamah Agung Gelar Upacara Wisuda Calon Hakim Peradilan Militer

Menurut Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati Indonesia mengalami kekeringan panjang sebelum terjadinya hujan lebat ini.

Tahun 2023 disebut sebagai tahun terpanas dalam sejarah pencatatan iklim global. Namun, kondisi Indonesia masih relatif aman karena wilayahnya yang lembap dan dikelilingi samudera.

Baca Juga: Mahasiswa di Bali Ditemukan Tewas di Kamar Indekosnya, Keluarga Histeris!

Dwikorita juga menekankan bahwa gaya hidup masyarakat bisa berpengaruh terhadap kondisi kekeringan lokal. Fenomena El Nino, misalnya, dapat menyebabkan kekeringan berkepanjangan hingga tiga bulan atau lebih.

“Harus diwaspadai, gaya hidup bisa menyebabkan kekeringan secara lokal, saat El Nino bisa berdampak pada kekeringan selama tiga bulan lebih, dan trennya akan semakin meningkat," kata Dwikorita dikutip dari Antara, Jumat.

Akibat dari kemarau panjang dan fenomena El Nino, beberapa daerah seperti Nusa Tenggara Timur berpotensi mengalami kebakaran hutan dan lahan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x