Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi: Pilih Anies, Prabowo, Ganjar Silakan, Kehendak Allah dan Rakyat

Kompas.tv - 24 November 2023, 22:02 WIB
jokowi-pilih-anies-prabowo-ganjar-silakan-kehendak-allah-dan-rakyat
Presiden Jokowi dalam Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), di Jakarta, Selasa (7/11/2023). (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mempersilakan rakyat memilih calon presiden dan wakil presiden dalam Pilpres 2024, baik itu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto. Semua pilihan merupakan kehendak Allah dan rakyat. 

Hal itu disampaikan Presiden saat menyampaikan sambutan di acara Pembukaan Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) XXXII dan Munas Korps HMI-Wati (Kohati) XXV 2023, di Kalimantan Barat, sebagaimana disaksikan melalui tayangan langsung YouTube Sekretariat Presiden dari Jakarta, Jumat (24/11/2023).

"Mau memilih Pak Anies, silakan. Mau memilih Pak Prabowo, silakan. Mau memilih Pak Ganjar, silakan," kata Presiden.

Namun, Presiden mengingatkan agar publik berhati-hati memilih pemimpin, supaya kemajuan yang ada dan telah dicapai, tidak menjadi sia-sia.

"Jangan sampai kemajuan yang telah ada yang telah terbangun ini menjadi sia-sia karena perpecahan, karena kesalahan kita dalam memilih pemimpin. Sehingga sering saya bicara bolak-balik hati-hati memilih pemimpin," kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Akan Tunjuk Satu dari Empat Pimpinan KPK untuk Gantikan Firli Bahuri Sementara

Meskipun demikian, ia menyampaikan bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat. Siapapun pemenang Pilpres, kata Presiden, itu adalah kehendak Allah SWT dan kehendak rakyat.

"Tapi semuanya kita serahkan kepada rakyat karena yang punya kedaulatan adalah rakyat. Siapa pun yang bapak-ibu dan saudara-saudara pilih, (yang menang) itu adalah memang kehendak, pertama memang kehendak Allah, yang kedua memang kehendak rakyat," jelasnya, dikutip dari Antara.


Dia mengatakan, semua hasilnya akan ditentukan pada pemilihan langsung oleh rakyat tanggal 14 Februari 2024.

Baca Juga: Puan Ungkap Tujuan Ganjar Bertemu JK: Silaturahmi dengan Tokoh Bangsa

Dia pun berharap HMI dapat selalu aktif mengawal perjalanan sejarah Indonesia menjaga persatuan dan perdamaian bangsa menuju Indonesia maju yang dicita-citakan.

"Yakin usaha sampai," serunya.



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x