Kompas TV nasional rumah pemilu

KPU Cari Moderator Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024: Sebisa Mungkin yang Terbiasa Hadapi Kamera

Kompas.tv - 1 Desember 2023, 07:00 WIB
kpu-cari-moderator-debat-capres-cawapres-pilpres-2024-sebisa-mungkin-yang-terbiasa-hadapi-kamera
Tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden saat mengikuti pengundian nomor urut Pilpres 2023 di Gedung KPU RI, Jakarta (14/11/2023). Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tengah mencari moderator debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024 mendatang. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tengah mencari moderator debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024 mendatang.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari mengatakan salah satu kriteria moderator debat peserta Pilpres 2024 adalah seseorang yang sudah terbiasa menghadapi kamera.

Hal ini disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Persiapan Debat pasangan capres-cawapres 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (30/11/2023).

"Sebisa mungkin yang sudah terbiasa menghadapi kamera," kata Hasyim.

"Akan tetapi, berdasarkan pengalaman, tampil di depan calon presiden dan para politisi itu tingkat groginya juga bertambah," sambungnya, dikutip dari Antara.

Menurut penjelasannya, KPU terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan, termasuk awak media, dalam menentukan moderator.

Ia pun menegaskan pemilihan sosok moderator yang berfungsi sebagai penengah, penjembatan, pemandu, dan pengendali dalam debat capres/cawapres.

Baca Juga: Ini Jadwal Debat Capres-Cawapres, yang Pertama Tanggal 12 Desember 2023 di Jakarta

Diberitakan Kompas.tv sebelumnya, Debat Calon Presiden dan Wakil Presiden RI akan dilaksanakan sebanyak lima kali, dengan rincian tiga kali untuk capres dan dua kali untuk cawapres.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari, menyebut jumlah frekuensi debat tersebut, kata Hasyim, mengacu pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

"Untuk kampanye dengan metode debat, untuk calon presiden dan calon wakil presiden,” jelasnya.

“Menurut UU Pemilu frekuensinya 5 kali. Dalam 5 kali itu ditentukan 3 kali untuk calon presiden, dan 2 kali antar calon wakil presiden," kata Hasyim dalam konferensi pers di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/11).

Adapun debat pertama akan dilaksanakan di Kantor KPU RI, Jakarta, 12 Desember mendatang.

Jadwal empat debat berikutnya pada tanggal 22 Desember 2023, 7 Januari 2024 dan 21 Januari 2024, serta debat terakhir pada tanggal 4 Februari 2024. Kegiatan ini dimulai pada pukul 19.00 WIB.

Debat capres/cawapres akan terdiri atas enam segmen, mulai dari pembukaan, pembacaan tata tertib, penyampaian visi, misi, dan program kerja, hingga segmen penutup.

Seperti diketahui, terdapat tiga pasangan capres-cawapres yang akan maju di Pilpres 2024.

Mereka yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Baca Juga: KPU Tetapkan Jadwal Debat Capres-Cawapres: Lima Kali Debat dari Desember hingga Februari 2024


 



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x