Kompas TV nasional peristiwa

Ma'ruf Amin Buka Opsi Pengungsi Rohingya Ditampung di Pulau Galang

Kompas.tv - 5 Desember 2023, 23:00 WIB
ma-ruf-amin-buka-opsi-pengungsi-rohingya-ditampung-di-pulau-galang
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin saat berada di Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (18/10/2023). (Sumber: Tangkap Layar kanal Youtube Wakil Presiden Republik Indonesia.)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Deni Muliya

DEPOK, KOMPAS.TV - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyebut terdapat opsi untuk menampung pengungsi Rohingya di Pulau Galang, Kepulauan Riau.

Ma'ruf menekankan bahwa isu pengungsi Rohingya adalah masalah kemanusiaan yang harus diatasi bersama antarpemangku kepentingan.

"Penempatannya di mana? Dulu kita punya Pulau Galang, nanti kita bicarakan lagi apa akan seperti itu," kata Ma'ruf Amin di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa (5/12/2023).

Pulau Galang sendiri sebelumnya pernah digunakan sebagai tempat penampingan sementara pengungsi Vietnam antara 1979-1996.

Baca Juga: Jokowi Perintahkan Mahfud MD Tangani Pengungsi Rohingya di Aceh

Maruf Amin menyorot gelombang pengungsi Rohingya yang menuai penolakan dari masyarakat di Aceh, Riau, dan Medan.

Ratusan pengungsi Rohingya diketahui tiba di Aceh dalam beberapa gelombang belakangan ini.

Ma'ruf Amin menyebut permasalahan pengungsi Rohingya sedang dibahas secara intensif dalam rapat yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Eks Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu pun menyatakan bahwa pemerintah Indonesia mengagendakan pembahasan soal pengungsi Rohingya dengan Komisariat Tinggi PBB Urusan Pengungsi (UNHCR).

"Selama ini kan tidak mungkin kita menolak, tetapi juga tentu kita mengantisipasi jangan sampai ada penolakan dari masyarakat, juga bagaimana supaya mengantisipasi jangan sampai terus semuanya lari ke Indonesia. Itu jadi beban," kata Ma'ruf.

Ma'ruf pun menyebut sejumlah negara mengalami masalah serupa terkait gelombang pengungsi Rohingya.

Ma'ruf, beberapa waktu lalu berkunjung ke Yunani, menyebut negara di Mediterania itu juga mengalami masalah serupa.

"Sebenarnya bukan hanya ke sini, kemarin saat berkunjung ke Yunani. Yunani menghadapi juga situasi serupa, ke Eropa itu masuk ke Yunani juga. Mereka seperti kita menghadapi kesulitan, tapi bagaimanapun juga ini masalah kemanusiaan yang harus ditanggulangi," kata Ma'ruf sebagaimana dikutip Antara.

UNHCR sendiri mencatat ada 3.705 pengungsi Rohingya yang melakukan perjalanan laut sepanjang 2022, jumlah terbanyak sejak 2015.

Menurut data Kemenko Polhukam RI, saat ini terdapat 1.487 pengungsi dari etnis korban genosida Myanmar itu di Indonesia.

Baca Juga: Ratusan Pengungsi Rohingya Mendarat di Aceh, Pemerintah Kabupaten Tunggu Kebijakan dari Pusat



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x