Kompas TV nasional peristiwa

Peringatan Dini BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem 31 Desember 2023-6 Januari 2024 di Berbagai Wilayah

Kompas.tv - 30 Desember 2023, 22:06 WIB
peringatan-dini-bmkg-waspada-cuaca-ekstrem-31-desember-2023-6-januari-2024-di-berbagai-wilayah
Ilustrasi: cuaca ekstrem badai petir. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia saat Tahun Baru 2024 pada periode 31 Desember 2023 - 6 Januari 2024.

Dalam konferensi pers Sabtu (30/12/2023) malam, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan potensi hujan sedang hingga lebat bahkan ekstrem terjadi di beberapa wilayah dalam periode Tahun Baru 2024.

"Pada periode 31 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, wilayah yang berpotensi mengalami intensitas hujan sedang hingga lebat diprakirakan akan terjadi di Aceh, kemudian Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Lampung, Bangka Belitung, Jambi, Sumatra Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Papua Barat dan Papua," terang Rita.

Kemudian untuk periode 3-6 Januari 2024 yang merupakan waktu arus balik libur tahun baru 2024, sejumlah wilayah juga masih berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat.

"Kemudian untuk periode 3 hingga 6 Januari 2024, yang berpotensi mengalami intensitas hujan sedang hingga lebat adalah di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Lampung, Bangka Belitung, Jambi, Sumatra Selatan, Banten, DKI Jakarta terutama di bagian selatan yang berbatasan dengan Tangerang, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua," sambungnya.

Maka dari itu, Rita pun mengimbau masyarakat yang sedang melakukan pergerakan atau perjalanan selama periode Tahun Baru 2024 untuk terus memantau perkembangan cuaca melalui kanal resmi BMKG.

"Jadi kami mohon, di wilayah-wilayah yang kami, sebutkan tadi, masyarakat diimbau waspada dan terus memonitor perkembangan cuaca melalui berbagai kanal BMKG terutama melalui aplikasi mobile phone Info BMKG," ucapnya.

Baca Juga: Gempa M 6,6 Guncang Aceh Jaya, BMKG Imbau Warga Waspadai Gempa Susulan

Selain itu, Rita juga meminta masyarakat untuk melakukan perencanaan dalam perjalanan serta menghindari wilayah yang rawan bencana ketika hujan turun.

"Siapkan perencanaan atau perlengkapan sesuai kondisi cuaca tadi. Namun sedapat mungkin, saat terjadi hujan lebat yang sudah terprediksi waktunya, hindari berada pada lokasi yang rawan banjir dan longsor," ujarnya.

Peringatan Dini BMKG Cuaca Ekstrem Periode Tahun Baru 2024

Wilayah yang Berpotensi Hujan Sedang hingga Lebat 31 Desember 2023-2 Januari 2024

Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Lampung, Bangka Belitung, Jambi, Sumatra Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Papua Barat dan Papua

Wilayah yang Berpotensi Hujan Sedang hingga Lebat 3 Januari 2024-6 Januari 2024

Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Lampung, Bangka Belitung, Jambi, Sumatra Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua 

Baca Juga: BMKG Sebut Gempa Pangandaran M 5,3 Hari Ini Terjadi akibat Pergeseran dalam Lempeng Eurasia


 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x