Kompas TV nasional rumah pemilu

Temui Sri Sultan HB X, Prabowo: Sowan, Minta Izin Masuk ke Yogyakarta

Kompas.tv - 22 Januari 2024, 18:10 WIB
temui-sri-sultan-hb-x-prabowo-sowan-minta-izin-masuk-ke-yogyakarta
Pasangan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X, Senin (22/1/2024). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto mengungkapkan dirinya bersama Cawapresnya Gibran Rakabuming Raka bertemu dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X untuk sowan.

Tal hanya itu, Prabowo juga menyebut pertemuan tersebut sekaligus untuk meminta izin untuk kegiatan kampanyenya yang bakal berlangsung di DIY.

"Sesuai budaya kita, adat kita kalau mau masuk ke satu tempat, kami datang ke yang paling tua jadi kami mohon izin. Saya kira itu intinya," kata Prabowo di Gedhong Wilis, Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Senin (22/1/2024).

"Tadi hanya sowan, minta izin masuk ke daerah," ujarnya, dikutip dari tayangan Live KompasTV.

Dalam pertemuan yang berlangsung kurang lebih satu jam itu, Prabowo mengaku mendapat pandangan-pandangan dari Sri Sultan mengenai sejumlah hal yang berkaitan dengan teknologi serta masalah masa depan.

"Beliau kasih wejangan-wejangan yang kami terima, juga minta pandangan-pandangan beliau tentang beberapa hal," tegas Prabowo.

Pada kesempatan itu, pria yang juga Menteri Pertahanan RI tersebut juga menyampaikan terima kasih kepada Sri Sultan karena telah menerima kedatangannya bersama Gibran di Yogyakarta.

"Yang penting kami berterima kasih dapat diterima oleh Ngarsa Dalem dalam keadaan yang baik, kami mohon waktu," ucap Prabowo.

Sementara Gibran memilih untuk tidak menyampaikan pernyataan terkait pertemuannya dengan Sri Sultan bersama Prabowo tersebut.

Baca Juga: Sri Sultan Ungkap Isi Pertemuan Satu Jam dengan Prabowo-Gibran di Jogja, Ada Obrolan Soal Pilpres

Di sisi lain, Sri Sultan mengakui dalam pertemuan itu dirinya dan Prabowo-Gibran membicarakan banyak hal, termasuk soal Pilpres.

"Kita sama Pak Prabowo, Pak Gibran ini ngobrol-ngobrol aja kesana kemari nggak ngomong macam-macam," sambung Raja Keraton Yogyakarta itu.

"Teman-teman ndak percaya kita memang ngobrol macem-macem, memang dalam rangka pilpres," sambungnya.

Meski demikian ia menegaskan tidak ada pembahasan yang bersifat khusus dalam pertemuan bersama Prabowo dan Gibran.

"Akan tetapi, semua itu kami bicara secara umum dalam arti, ya, kami tukar pikiran saja," tegas Sri Sultan.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Berkunjung ke Sultan HB X: Bahas Pilpres?


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x