Kompas TV nasional peristiwa

Luhut Balas Pernyataan Tom Lembong soal Sering Beri Contekan Pidato ke Jokowi: Anda Jangan Geer

Kompas.tv - 25 Januari 2024, 08:09 WIB
luhut-balas-pernyataan-tom-lembong-soal-sering-beri-contekan-pidato-ke-jokowi-anda-jangan-geer
Perdana Menteri China Li Qiang dijadwalkan akan menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bersama Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada hari ini, Rabu (6/9/2023). (Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan buka suara menanggapi pengakuan Thomas Lembong mengenai dirinya sering memberikan contekan pidato kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Luhut menuturkan bahwa orang yang paling banyak memberikan contekan pidato kepada Presiden Jokowi bukanlah pria yang kerap disapa Tom Lembong tersebut, melainkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

"Anda jangan geer (gede rasa) juga bilang kasih note kepada ayahnya Mas Gibran (Presiden Jokowi),” kata Luhut dikutip dari unggahan di akun Instagramnya @luhut.pandjaitan pada Kamis (25/1/2024).

Baca Juga: Jokowi Minta Luhut Koordinir Hasil Kerja Menpan RB, Mendagri, Menkominfo hingga Menteri BUMN

“Memang hanya Tom Lembong saja? Yang paling banyak kasih note kepada Pak Presiden adalah Bu Menlu Bu Retno."

Luhut menyampaikan bahwa memberikan catatan atau contekan kepada atasan atau pimpinan merupakan hal yang lazim dilakukan pada pemerintahan di negara manapun.

Terlebih, contekan pidato dari Tom Lembong kepada Presiden Jokowi tersebut dilakukan ketika Tom menjabat sebagai Menteri Perdagangan pada Agustus 2015 sampai Juli 2016. Serta Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada Juli 2016 sampai Oktober 2019.

"Itu bukan terjadi pada Presiden Jokowi saja, semua kepala negara itu kalau bilateral pasti ada yang di belakang ngasih note,” tutur Luhut. 

Baca Juga: Bahlil Bandingkan Kinerjanya dengan Tom Lembong: Tamatan Harvard, Wariskan Investasi Mangkrak

“Apakah karena anda hebat melakukan itu? Tidak, itu tugas anda sebagai pembantu Presiden, sebagai Menteri Perdagangan waktu itu sebagai Kepala BKPM.”

Sebelumnya,Tom Lembong menjadi trending topik setelah disebut calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka dalam debat capres-cawapres, Minggu (21/1/2024).

Dalam sesi debat tersebut, Gibran menyebut cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mencontek catatan yang dibuat oleh Tom Lembong.

Tom Lembong merupakan salah satu sosok yang sering menyusun pidato Presiden Jokowi. Hal ini dilakukannya selama 7 tahun saat menjadi menteri dan menjabat di era pemerintahan Presiden Jokowi.


Salah satu pidato rancangan Tom Lembong yang pernah mengguncang publik adalah pidato Jokowi dalam forum Annual World Bank IMF Meeting 2018 yang bertemakan Game of Thrones. Pidato ini mendapatkan standing applause dari hampir seluruh delegasi yang hadir.

Baca Juga: Wakil TKN Prabowo-Gibran Habiburokhman Sebut Tom Lembong Hanya Jago Buat Pidato



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x