Kompas TV nasional politik

Umumkan Mundur dari Menkopolhukam, Mahfud Sudah Kemas Barang Pribadi dari Rumah Dinas

Kompas.tv - 31 Januari 2024, 19:28 WIB
umumkan-mundur-dari-menkopolhukam-mahfud-sudah-kemas-barang-pribadi-dari-rumah-dinas
Mahfud MD mundur dari jabatan Menko Polhukam, Rabu (31/1/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

LAMPUNG TENGAH, KOMPAS.TV - Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD telah mengemas barang pribadi dari rumah dinas menyusul keputusannya mundur dari jabatan Menkopolhukam. 

Mahfud mengumumkan pengunduran diri di sela kampanye akbar di Lampung Tengah, Rabu (31/1/2023).

Pengumuman pengunduran diri Mahfud dari Kabinet Indonesia Maju telah disepakati bersama dengan pasangan Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo. 

Keputusan tersebut juga sudah dibicarakan segenap partai koalisi dan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud. 

Setelah pembicaraan bersama partai koalisi beserta TPN, didapat kesimpulan langkah mundur dari jabatan negara selama proses Pilpres 2024 adalah langkah yang bijak.

Baca Juga: Mundurnya Mahfud MD dari Kabinet Jokowi dan Isu Menteri Tak Nyaman, Begini Kata Pengamat

Mahfud juga menegaskan, nilai independensi selama proses pemilihan yang berlangsung pada 14 Februari dan proses setelahnya sangat penting.

"Saya juga telah mengemas seluruh barang pribadi, dan telah siap keluar dari rumah dinas dan melepaskan seluruh fasilitas negara," ujar Mahfud dalam keterangan tertulisnya, Rabu (31/1/2024).

Mahfud menambahkan, keputusannya mundur dari jabatan Menkopolhukam diharapkan bisa menjadi jaminan moral dan intelektual agar Pilpres berjalan adil dan jujur. 

Ia menegaskan, sangat menghindari konflik kepentingan dan intervensi politik dalam proses Pilpres 2024.

Para partai pendukung dan TPN, juga mendukung sepenuhnya keputusan tersebut. 

"Hal ini dianggap upaya mengembalikan marwah demokrasi yang dilaksanakan dengan proses yang benar dan jujur," ujar Mahfud. 

Baca Juga: Mahfud Ingin Serahkan Surat Pengunduran Diri Langsung, Istana: Tunggu Jokowi Selesai Kunker

Adapun pengumuman Mahfud mengundurkan diri didampingi Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid dan sejumlah perwakilan Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud. 

Lokasi pengumuman dilakukan di sebuah tempat bersejarah di Lampung Tengah, tepatnya di depan Pura Ulun Danu yang terletak di tengah Danau Tirta Gangga, Desa Swastika Buana, Kecamatan Seputih Banyak, Lampung Tengah.

Momen tersebut dirasa pas, sebab Pura Ulun Danu merupakan tempat sakral bagi warga Hindu di Lampung yang menyimbolkan permulaan hingga purnatugas yang dilakoni umat manusia secara baik dan setia. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x