Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Hadiri KTT ASEAN-Australia, Bahas Kemitraan Strategis hingga Bilateral dengan PM 3 Negara

Kompas.tv - 4 Maret 2024, 11:40 WIB
jokowi-hadiri-ktt-asean-australia-bahas-kemitraan-strategis-hingga-bilateral-dengan-pm-3-negara
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara dalam konferensi pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (9/1/2024). (Sumber: Tangkapan layar tayangan KOMPAS TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Australia untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN- Australia.

“Hari ini saya dengan delegasi terbatas akan berangkat ke Mealbourne, Australia untuk menghadiri KTT khusus Asean-Australia. KTT ini diselenggarakan untuk memperingati 50 tahun kemitraan Asean dan Australia, tema yang diangkat adalah a partnership for the future,” kata Jokowi di Halim Perdanakusuma, Senin (4/3/2024).

“Membahas bagaimana kemitraan strategis komprehensif Asean dan Australia dapat dioptimalkan ke depan guna mewujudkan kawasan indo-pasifik yang damai stabil dan makmur,” ujarnya.

Baca Juga: Jajak Pendapat Kompas: 62,2 Persen Responden Setuju DPR Pakai Hak Angket Selidiki Kecurangan Pemilu

Jokowi mengatakan, akan mendorong sejumlah kerjasama ekonomi hingga digital dalam pertemuan KTT ASEAN-Australia itu.

Tidak hanya itu, Jokowi menegaskan akan konsisten membawa isu Palestina di KTT ASEAN-Australia.

“Saya akan menggunakan kesempatan ini untuk mendorong kerjasama penguatan integrasi ekonomi, transisi energi dan transformasi digital, serta kemajuan paradigma kolaborasi dan penghormatan hukum internasional secara konsisten termasuk isu Palestina,” ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi mengaku akan melakukan pertemuan bilateral dengan 3 perdana menteri (PM) di sela kunjungannya di KTT ASEAN-Australia tersebut.

Baca Juga: Ketua Komisi I DPR: Prabowo Layak Dapat Gelar Jenderal Kehormatan, Banyak Prestasi yang Ditorehkan

“Selain menghadiri ASEAN Australia, juga berencana untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia, Perdana Menteri Selandia baru dan Kamboja,” ucap Jokowi.

“Saya dan rombongan Insyaallah akan tiba kembali di Jakarta pada hari Rabu,” imbuhnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x