Kompas TV nasional peristiwa

Erick Thohir: BBM Tidak Naik Agar Ekonomi Rakyat Tetap Tumbuh

Kompas.tv - 4 Maret 2024, 14:46 WIB
erick-thohir-bbm-tidak-naik-agar-ekonomi-rakyat-tetap-tumbuh
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Sumber: PSSI)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebut pemerintah tidak menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) agar ekonomi rakyat tetap tumbuh.

Demikian Erick Thohir dalam keterangannya sebagaimana dikutip dari Antara, Senin (4/3/2024).

“Jadi BBM kita jaga hari ini untuk memastikan ekonomi rakyat tetap tumbuh, ekonomi Indonesia tetap tumbuh, beban di rakyat hari ini harus kita jaga,” kata Erick.

Menurut Erick, keputusan pemerintah tidak menaikkan harga BBM juga karena melihat kondisi rakyat yang saat ini mengalami kesulitan akibat kenaikan bahan pokok seperti beras. Oleh karena itu, kata Erick, pemerintah berupaya menjaga keseimbangan agar daya beli masyarakat tetap ada di tengah situasi perekonomian yang tidak menentu.

Baca Juga: Jokowi soal Suara PSI Naik: Tanyakan ke Partai, Tanyakan ke KPU

“Kita coba jaga supaya jangan masyarakat yang terbawah terkena dampak. Nah ini yang kita coba seimbangkan dan kita yakin, kita tetap jaga inflasi, kita jaga pertumbuhan ekonomi,” ucap Erick.

“Ya pasti ada adjustment, tapi selama kita bekerja sama seluruh kementerian untuk berpihak dengan policy yang tentu kepada rakyat, kita tidak boleh bilang untung dan tidak untung, kita harus jaga kestabilan ekonomi Indonesia.”

Harga BBM Pertamina per 1 Maret 2024 untuk wilayah Jawa, yakni Pertalite Rp10.000 per liter, Pertamax Rp12.950 per liter, Pertamax Turbo Rp14.400 per liter, Dexlite Rp14.550 per liter, Pertamina Dex Rp15.100 per liter, dan Pertamax Green Rp13.900 per liter.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memastikan jika harga bahan bakar minyak (BBM) tidak akan naik.


 

Demikian Presiden Jokowi usai rapat terbatas membahas soal BBM sebelum bertolak menghadiri KTT ASEAN-Australia di Halim Perdanakusuma, Senin (4/3/2024).

Baca Juga: Presiden Jokowi: Harga BBM Tidak akan Naik

“Tidak akan naik,” tegas Jokowi.

Namun Presiden Jokowi enggan merinci lebih lanjut terkait BBM, baik soal harga maupun ketersediaan jelang Ramadan dan Lebaran. Ia mengatakan, perihal BBM yang akan menyampaikannya adalah Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto atau Pertamina.

“BBM nanti biar Pak Menko yang menyampaikan atau dari Pertamina yang menyampaikan,” ujar Jokowi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x