Kompas TV nasional humaniora

Menantu Jokowi, Bobby Nasution, Diangkat Jadi Tokoh Nasional Asal Padangsidimpuan

Kompas.tv - 6 Maret 2024, 12:58 WIB
menantu-jokowi-bobby-nasution-diangkat-jadi-tokoh-nasional-asal-padangsidimpuan
Wali Kota Medan Bobby Nasution (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Suami Kahiyang Ayu ini baru saja resmi dikukuhkan sebagai tokoh nasional yang berasal dari Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) di Alaman Bolak, Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utaram  Minggu 4 Februari 2024 lalu.

Mengutip Instagram MedanTalk, rupanya, pengukuhan yang diberikan terhadap Wali Kota Medan yang menjabat sejak 26 Februari 2021 ini diberikan oleh para raja Se-Tabagsel serta tokoh masyarakat dari wilayah tersebut.

Sebut saja mulai dari Harry Lotung, Gus Irawan Pasaribu, Dolly Pasaribu, Abdul Basith Dalimunthe, Siwan Siswanto, dan Rusydi Nasution.  

Pengukuhannya Wali Kota Medan ini turut disaksikan oleh masyarakat Kota Padangsidimpuan. Di mana mereka menjadi saksi peristiwa bersejarah dalam kehidupan masyarakat Tabagsel, khususnya Kota Padangsidimpuan.

Baca Juga: Mandiri Investment Forum (MIF) 2024 Ajak Investor Tangkap Peluang Investasi dalam Era Transisi

Dalam video yang dibagikan, terlihat ribuan mata memandang dengan haru saat Muhammad Bobby Afif Nasution disahkan sebagai Tokoh Nasional dari Tapanuli Bagian Selatan.

Menantu Presiden Joko Widodo ini tidak hanya mendapatkan pengukuhan sebagai tokoh nasional saja, tapi juga gelar kehormatan adat yakni Sutan Porang Gunung Baringin Naposo.

Dalam pelaksanaan pengukuhan tokoh nasional terhadap Bobby, acara pun turut diwarnai oleh berbagai kekayaan budaya adat, seperti  prosesi masuk hingga penyematan Ulos Khas Tabagsel, dilanjutkan dengan Manortor Adat yang menggugah semangat kebersamaan.

Selain dianggap sebagai tokoh nasional, Bobby juga mendapatkan gelar kehormatan adat yakni Sutan Porang Gunung Baringin Naposo.


 

Acara pengukuhan diwarnai oleh kekayaan budaya adat, mulai dari prosesi masuk hingga penyematan ulos khas Tabagsel, dilanjutkan dengan menari tor-tor.

Bobby Nasution pun menyatakan kebanggaannya atas penghargaan sebagai tokoh nasional Tabagsel di Kota Padangsidimpuan.

Baca Juga: Jawab Pertanyaan soal Jadi Gubernur DKI, Heru Budi: Belum Terpikir, Kerja Terus Saja Dulu

“Saya merasa bangga dan sangat berterima kasih dengan penyematan Gelar sebagai Tokoh Nasional dari Tabagsel yang baru saja di Kukuhkan oleh Raja dan tokoh Adat Tabagsel, “ ujar Bobby, yang didampingi Kahiyang Ayu.

Bobby juga menegaskan komitmennya untuk memperjuangkan pembangunan Tabagsel dan mengajak masyarakat untuk bijak dalam memilih pemimpin. Sementara itu tokoh adat Tabagsel, Harry Lotung Siregar menjelaskan pentingnya peran Bobby Nasution dalam pembangunan daerah.

Harry menyebut Bobby Nasution adalah putra dari Tapanuli bagian Selatan yang akan memperjuangkan segala pembangunan di daerah tersebut.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x