Kompas TV nasional politik

Saat Presiden Jokowi Tak Mau Tanggapi Serius Soal Usulan jadi Ketum Golkar

Kompas.tv - 21 Maret 2024, 19:07 WIB
saat-presiden-jokowi-tak-mau-tanggapi-serius-soal-usulan-jadi-ketum-golkar
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan keterangannya kepada awak media usai meninjau RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, pada Kamis, 21 Maret 2024. (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi enggan menanggapi secara serius usulan untuk menjadi Ketua Umum Partai Golkar. 

Nama Jokowi santer diusulkan sebagai kandidat calon ketua umum Partai Golkar di Musyawarah Nasional Golkar pada Desember 2024 mendatang. Namun hingga saat ini Jokowi masih berstatus anggota atau kader PDI Perjuangan (PDI-P).

Presiden Jokowi tak mau menanggapi usulan agar dirinya bergabung ke Partai Golkar agar bisa dicalonkan sebagai ketua umum partai. 

Jokowi menilai hingga saat ini dirinya masih sebagai ketua Indonesia atau Kepala Negara. 

"Saya sementara ini ketua Indonesia saja, he he he," ujar Jokowi singkat usai meninjau RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (21/3/2024), dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Baca Juga: Jokowi Apresiasi KPU dan Bawaslu, Hasil Penghitungan Suara Pemilu Diumumkan Tepat Waktu

Sebelumnya, Jokowi sempat merespons soal wacana dirinya yang disebut akan bergabung ke Partai Golkar usai masa jabatan sebagai Presiden RI berakhir. 

Presiden tidak memberikan bantahan terkait isu tersebut. Akan tetapi, Kepala Negara juga tidak memberikan jawaban yang tegas. 

"Saya setiap hari masuk istana," ujar Jokowi di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur Rabu (28/2/2024).

Selain Jokowi ada sejumlah nama pengurus DPP Partai Golkar yang masuk dalam radar kandidat calon ketua umum partai. 

Seperti Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Wakil Ketua Umum Partai Golkar bidang Perekonomian Agus Gumiwang Kartasasmita yang saat ini menjabat Menteri Perindustrian. 

Baca Juga: Jusuf Kalla soal Isu Jokowi Jadi Ketum Golkar: Tak Penuhi Syarat

Kemudian Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo hingga politisi Golkar Bahlil Lahadalia yang menjabat Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Sinyal-sinyal perpindahan juga sempat ditunjukkan Jokowi. Salah satunya sebelum berangkat kunjungan kerja ke Jepang, Sabtu (16/12).

Kala itu Jokowi mengenakan dasi kuning yang mendapat perhatian dari awak media yang kesehariannya meliput kegiatan Jokowi di Istana Kepresidenan. 

Biasanya, Jokowi lebih sering mengenakan dasi merah, atau pernah juga dasi berwarna biru atau warna gelap.


 

 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x