Kompas TV nasional politik

AHY Akui Kursi Demokrat di Pileg 2024 Turun Banyak, tapi Misi Kembali di Pemerintah Tercapai

Kompas.tv - 30 Maret 2024, 05:00 WIB
ahy-akui-kursi-demokrat-di-pileg-2024-turun-banyak-tapi-misi-kembali-di-pemerintah-tercapai
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat memberi sambutan di acara buka puasa bersama jajaran pengurus Partai Demokrat, Rabu (27/3/2024). Acara tersebut juga dihadiri Capers Terpilih Prabowo Subianto. (Sumber: YouTube Partai Demokrat)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - DPP Partai Demokrat tidak berkecil hati perolehan suara di Pilpres 2024 membuat jumlah kursi di parlemen  turun.

Kursi Demokrat di DPR RI di parlemen diperikrakan turun 10 kursi menjadi 44, dari sebelumnya 54 kursi pada tahun 2019. 

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengakui tidak mudah bagi Demokrat bertarung di Pilpres 2024. Terlebih sebelumnya Partai Demokrat berada di luar pemerintah.

Meski perolehan kursi DPR RI Demokrat turun, AHY menilai misi partainya kembali ke pemerintahan sudah di depan mata.

Hal ini diyakni bisa meneguhkan eksistensi Demokrat dalam mendorong kemajuan Indonesia ke depan. 

Baca Juga: Di depan Prabowo, AHY Ungkap Misi Besar Demokrat yang Tercapai hingga Siapkan Kader di Pemerintahan

"Tentunya ini juga menjadi sukacita bagi Partai Demokrat yang memang sejak awal ingin bisa kembali ke pemerintahan nasional," ujar AHY di saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024).

"Karena dengan berada di pemerintahan nasional kita bisa semakin banyak berbuat, bisa menghadirkan kebijakan dan program-program yang memang pro rakyat," imbuhnya. 

AHY menambahkan misi utama Demokrat adalah menjadi bagian penting dalam Pemilihan Presiden (Pilpres). 

Menteri ATR/Kepala BPN ini bersyukur berkoalisi dengan pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang mampu memenangkan Pilpres satu putaran dengan perolehan suara sekitar 58 persen.

"Tentu kita berharap selalu terjadi peningkatan tetapi Demokrat sangat menyadari situasinya memang tidak mudah dalam Pemilu 2024 ini, tetapi kami juga tidak kecil hati," ujar AHY. 

Baca Juga: AHY: Prabowo Beri Kepastian Demokrat Kembali ke Pemerintahan

Di sisi lain AHY menjelaskan pihaknya akan melakukan evaluasi mengenai perolehan kuris Demokrat di Pemilu 2024-2029. 

Sebab, meski berhasil menaikkan suara dari 10,8 juta menjadi 11,2 juta secara nasional, tetapi Demokrat belum berhasil meningkatkan bahkan mempertahankan jumlah kursi yang didapat di DPR RI. 

"Saya juga tentu ingin terus melakukan evaluasi. Yang jelas kita juga merasakan, saya kira banyak kalangan yang merasakan kita tidak boleh membiarkan politik uang itu menjadi tidak ada batasnya. Artinya ini semua menjadi masalah kita. Dan ketika berbicara isu ini dengan pak Prabowo Subianto, beliau juga memiliki concern yang sama," ujar AHY.

Perolehan kursi Partai Demokrat dalam dua pemilu terakhir mengalami penurunan yang signifikan. Di Pileg 2014, Demokrat hanya mampu memperoleh 61 kursi di DPR RI, padahal di Pileg 2009 Demokrat mendapatkan 148 kursi DPR RI.

Kemudian di Pileg 2019, kursi Demokrat di DPR kembali turun menjadi 54 kursi. Pileg 2024, Demokrat memperoleh 44 kursi. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x