Kompas TV nasional politik

Maju Pilkada Banten 2024, Airin Menunggu Restu Megawati

Kompas.tv - 2 Mei 2024, 10:56 WIB
maju-pilkada-banten-2024-airin-menunggu-restu-megawati
Ketua Umum Pimpinan Pusat Kesatuan Perempuan Partai Golkar Airin Rachmi Diany saat turut bersama rombongan yang dipimpin Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk Freidich Paulus mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Jakarta, Minggu (14/5/2023). (Sumber: Kompas.id)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany menunggu restu dari Ketua Umum PDI Perjuangan atau PDIP Megawati Soekarnoputri untuk maju ke Pilkada Banten. 

Politikus Partai Golkar itu pun sudah menyerahkan berkas untuk maju sebagai bakal calon gubernur Banten ke DPD PDIP Banten pada Rabu (1/5/2024). Selain Airin, mantan Bupati Pandeglang A Dimyati Natakusumah juga menyerahkan berkas pada hari yang sama. 

"Berkas Pak Dimyati lengkap, Bu Airin juga lengkap,” kata Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah DPD PDIP Banten Muhlis seperti dikutip dari Kompas.id, Rabu. 

Baca Juga: Golkar Siapkan Airin untuk Pilgub Banten usai Sukses di Pileg 2024

Muhlis menjelaskan, pihaknya hanya bertugas mencatat dan meneliti berkas para bakal calon gubernur. Nantinya, yang memutuskan adalah DPP PDIP.

”Saat ini, kami masih menunggu tiga tokoh lagi mengembalikan berkas. Batas waktu terakhirnya, kan, tanggal 5 Mei. Setelah itu, semua berkas diserahkan kepada DPP,” katanya.

DPP PDIP, kata Muhlis, akan melakukan pendalaman terkait visi-misi dari para bakal calon gubernur tersebut. 

Hasil pendalaman itu akan dijadikan pertimbangan Megawati dalam menetapkan bakal calon yang akan diusung. Sebab, mekanisme internal PDIP mengatur penetapan bakal calon gubernur menjadi kewenangan ketua umum.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya membuka peluang kerjasama dengan seluruh partai politik dalam kontestasi Pilkada Serentak 2024. 

Baca Juga: Airin Kenakan Pakaian Warna Berbeda saat Kembalikan Formulir Pendaftaran Pilgub Banten di 2 Parpol

”Bagi PDI Perjuangan, kerja sama dalam pilkada dilakukan dengan melihat kultur, karakteristik daerah, peta politik, dan gerak para calon yang ikut mewarnai kerja sama politik,” ujar Hasto.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x