Kompas TV nasional peristiwa

Luhut Minta Prabowo Beli Kapal Riset Harga Rp3,5T: Masa Negara Besar Tidak Punya

Kompas.tv - 15 Mei 2024, 13:11 WIB
luhut-minta-prabowo-beli-kapal-riset-harga-rp3-5t-masa-negara-besar-tidak-punya
Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam Program ROSI, Kompas TV, Sabtu (10/2/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mendorong Presiden Terpilih Prabowo Subianto untuk membeli kapal riset dengan alat canggih untuk memetakan kekayaan laut dalam hingga potensi bencana.

Hal tersebut disampaikan Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers terkait ekspedisi bersama Indonesia-OceanX, di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali sebagaimana dikutip dari Antara, Rabu (15/5/2024).

“Saya akan dorong kepada Pak Prabowo biar ini juga menjadi prioritas,” kata Luhut.

Menurut Luhut, pemerintah Indonesia memiliki anggaran untuk membeli kapal riset dengan alat canggih tersebut.

Baca Juga: Jokowi Lantik Suharto sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial

“Indonesia harus lebih agresif, tidak bisa harus menunggu, masa negara sebesar kita ini tidak punya kapal untuk penelitian,” katanya pula.

Luhut pun menyampaikan kapal yang dimaksud adalah OceanXplorer milik lembaga nonprofit eksplorasi kelautan OceanX yang harganya diperkirakan Rp3,5 triliun.

Kapal tersebut memiliki peralatan canggih, di antaranya remote operated vehicle (ROV) atau alat yang mampu menyelam di kedalaman hingga 6.000 meter, beserta dua peneliti/operator di dalamnya, hingga laboratorium.

“Kami tidak harus membuat kapal itu mewah, tapi dia memiliki teknologi paling mutakhir dan di situ anak-anak muda Indonesia bisa belajar, itu seperti universitas terapung,” ujarnya.

Dalam pernyataannya, Luhut pun mengingatkan bahwa lebih dari 70 persen wilayah Indonesia adalah laut dengan garis pantai mencapai lebih dari 108 ribu kilometer dan 17.504 pulau.

Baca Juga: Daftar Nama 7 Anggota LPSK Periode 2024-2029 yang Dilantik Jokowi Hari Ini

Kekayaan laut Indonesia itu pun menyimpan keanekaragaman hayati, perikanan, karbon biru, energi baru terbarukan hingga wilayah laut Indonesia menjadi salah satu jalur perdagangan dunia.

Meski begitu, kata dia lagi, baru sekitar 19 persen perairan Indonesia yang sudah dipetakan dan kurang dieksplorasi khususnya laut dalam.

Wilayah Indonesia memiliki titik perairan dalam di antaranya Palung Jawa dengan kedalaman diperkirakan mencapai 7.180 meter, Laut Banda mencapai 7.440 meter hingga Laut Sulawesi mencapai 6.200 meter.


 

 



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x