Kompas TV nasional rumah pemilu

Airlangga Bakal Dorong Partai di KIM Dukung Pasangan Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024

Kompas.tv - 17 Mei 2024, 22:18 WIB
airlangga-bakal-dorong-partai-di-kim-dukung-pasangan-khofifah-emil-dardak-di-pilgub-jatim-2024
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan surat dukungan Partai Golkar kepada pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak untuk maju kembali sebagai gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jatim 2024. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - DPP Partai Golkar resmi memberi dukungan untuk pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak untuk maju kembali sebagai gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto meyakini dukungan Golkar duet Khofifah-Emil di pemilihan gubernur dan wakil gubernur di Jatim (Pilgub Jatim) akan diikuti oleh partai lain.

Airlangga menjelaskan pihaknya telah berkomunikasi dengan PAN, Demokrat dan Gerindra yang juga bagian dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) terkait duet Khofifah-Emil Dardak. 

Sejauh ini Demokrat telah menyatakan dukungan terhadap pasangan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024. 

Partai lain seperti PAN dan Gerindra baru menyatakan dukungan terhadap Khofifah dan belum menyatakan secara resmi memberi dukungan untuk duet Khofifah-Emil.

Baca Juga: Siapa Sosok yang Berpotensi Tandingi Khofifah-Emil di Pilkada Jatim?

"Kami sudah komunikasi dengan KIM, yang seluruhnya punya calon yang sama. Kalau kita lihat di Jatim KIM ini punya 52 persen, jadi cukup (mengusung calon). Tapi kalau yang lain mau ikut, boleh," ujar Airlangga saat jumpa pers di kompleks menteri Widya Chandra, Jakarta Selatan, Jumat (17/5/2024) malam.

Airlangga menjelaskan keputusan Golkar mendukung pasangan Khofifah-Emil di Pilkada Jatim 2024, tidak terlepas dari kinerja keduanya memimpin Jatim di periode 2019-2024. 

Airlangga menilai kepemimpinan Khofifah dan Emil telah membuat peningkatan di Jatim. Seperti menurunkan kemiskinan ekstrem, penanganan Covid-19 yang baik. 

Untuk itu jugalah Golkar menginginkan kemajuan yang telah dicapai pasangan Khofifah-Emil di Jatim bisa dilanjutkan. Terlebih dalam Pilkada Jatim 2019 Golkar salah satu partai pengusung pasangan Khofifah-Emil. 

"Kita ingin pasangan yang bekerja sama baik memajukan jatim akan terus kami usung," ujar Airlangga. 

Baca Juga: Ngaku Nyaman dengan Emil Dardak Maju Pilgub Jatim, Khofifah: Saya Harap 4 Parpol Kompak

Di kesempatan yang sama bakal calon gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan apresiasi atas dukungan Golkar untuk dirinya dan Emil Dardak di Pigub Jatim 2024. 

Khofifah menilai dukungan dari Golkar merupakan mandat yang sangat berharga. 

"Saya dan Mas Emil insya Allah akan jalankan tugas dalam proses pemenangan mudah-mudahan. Mohon doa semua kami bisa memenangkan proses Pilgub Jatim bulan November akan datang," ujar Khofifah.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x