Kompas TV nasional peristiwa

Polda Jabar Ralat DPO Kasus Vina: Tersangka Terakhir Pegi alias Perong, Dua Nama Lain Fiktif

Kompas.tv - 26 Mei 2024, 13:57 WIB
polda-jabar-ralat-dpo-kasus-vina-tersangka-terakhir-pegi-alias-perong-dua-nama-lain-fiktif
Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Jabar Kombes Surawan menyampaikan keterangan saat konferensi pers kasus Vina, Minggu (26/5/2024). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

BANDUNG, KOMPAS.TV - Polda Jawa Barat menyatakan bahwa Pegi Setiawan alias Perong merupakan tersangka terakhir kasus pemerkosaan dan pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon yang tertangkap. Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Jabar Kombes Surawan menyebut dua nama lain yang selama ini masuk daftar pencarian orang (DPO) adalah nama fiktif.

Sebelum penangkapan Pegi, pihak kepolisian menyampaikan terdapat tiga tersangka yang masih buron dari total 11 tersangka pembunuhan Vina dan Eky.

Akan tetapi, Surawan mengatakan tersangka bernama Andi dan Dani hanyalah karangan dari tersangka yang telah ditangkap. 

"Perlu saya tegaskan di sini, rekan-rekan, bahwa tersangka semua bukan 11, tetapi sembilan. Sehingga DPO hanya satu (Pegi),” kata Surawan dalam konferensi pers pada Minggu (26/5/2024).

Baca Juga: Pernyataan Polisi yang Bantah Keterlibatan Anak Pejabat di Kasus Kematian Vina Cirebon

Surawan menyampaikan, kepada penyidik, para tersangka memberi keterangan yang berbeda-beda. Ada yang menyebut nama tiga tersangka lain (Pegi, Andi, Dani), ada yang menyebut tiga tersangka dengan nama berbeda, lima tersangka, dan ada yang menerangkan hanya ada satu nama yang tersisa.

“Setelah kami melakukan penyelidikan lebih dalam, ternyata dua nama yang disebutkan selama ini hanya asal sebut,” kata Surawan.

Kata Surawan, polisi membutuhkan waktu delapan tahun untuk menangkap Pegi karena para tersangka yang ditahan enggan berbicara mengenai sosok Pegi alias Perong. Ia menduga tersangka takut dengan Pegi.

Surawan pun menegaskan Pegi adalah otak pemerkosaan dan pembunuhan Vina dan Eky. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x