Kompas TV nasional politik

Puan Minta Pemerintah Tak Korbankan Kepentingan Nasional demi Investasi

Kompas.tv - 26 Mei 2024, 20:05 WIB
puan-minta-pemerintah-tak-korbankan-kepentingan-nasional-demi-investasi
Ketua DPP PDIP Puan Maharani saat membacakan sikap politik sebagai hasil rekomendasi eksternal Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2024). (Sumber: PDIP via ANTARA)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani meminta pemerintah tak asal-asalan dalam menjalin kerja sama dengan investor yang berpotensi mengorbankan kepentingan nasional.

Hal itu ia katakan saat membacakan poin rekomendasi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (26/4/2024).

"Rakernas V Partai mendesak pemerintah untuk melakukan kajian yang mendalam terhadap kebijakan kerja sama investasi guna menghindari kebijakan pragmatis jangka pendek yang berpotensi mengorbankan kepentingan nasional, dan kedaulatan Indonesia," kata Puan. 

Baca Juga: Rakernas V PDIP Minta Megawati Batasi Komunikasi Politik

Terkait isu lingkungan hidup dan pemanasan global, ia meminta pemerintah segera mengimplementasikan transisi energi terbarukan.

Ia mengatakan krisis iklim menyebabkan kepunahan keanekaragaman hayati, menimbulkan badai, tenggelamnya pulau-pulau kecil dan intrusi air laut, serta berdampak sosial berupa krisis pangan dan kelaparan, krisis air, wabah penyakit, dan lainnya.

"Rakernas V Partai mendesak pemerintah untuk mengimplementasikan secara serius kebijakan net zero emission (emisi nol bersih) dengan transisi energi terbarukan, penghematan energi, dan kerja sama global melalui Perencanaan Transisi Energi yang Berkeadilan (Just Energy Transition Plan)," kata Puan.

Baca Juga: Di Rakernas V PDIP, Puan Sebut Pemilu 2024 Terburuk dalam Sejarah Demokrasi Indonesia

Dia juga mendesak pemerintah untuk menghentikan deforestasi dengan melakukan moratorium alih fungsi lahan hutan dan penggundulan hutan.

"Serta mendorong reforestasi lahan hutan yang terdegradasi, termasuk ekosistem pesisir seperti hutan mangrove, padang lamun, dan tanah berlumpur di sepanjang pantai (wet land)," ujarnya.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x